Pemkab Manggarai Terima CSR Empat Unit Antropomentri Kit

Manggarai - Pemerintah Kabupaten Manggarai menerima corporate social responsibility (CSR) berupa empat unit Antropometri Kit dari PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Ruteng.

Untuk diketahui, Antropometri Kit adalah paket atau rangkaian alat yang berfungsi untuk menilai ukuran, proporsi, dan komposisi tubuh manusia, juga merupakan alat penting dalam mendeteksi stunting pada anak.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Kepala BRI Cabang Ruteng kepada Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, bertempat di Aula Nuca Lale Kantor Bupati Manggarai, Minggu (20/8).

Bupati Hery menyampaikan terima kasih kepada PT BRI yang telah memberikan bantuan tersebut, sebab Pemkab Manggarai sementara fokus penanganan masalah stunting. Apalagi, proses pengukuran stunting di Kabupaten Manggarai akan dilakukan pada Bulan Agustus ini, peralatan yang ada masih cukup kurang jika dibandingkan dengan jumlah posyandu.

“Terima kasih kepada PT BRI Tbk Cabang Ruteng yang membuka mata hatinya untuk melihat hal-hal yang menjadi kebutuhan kami, memang kalau dilihat kita punya posyandu ini ada 500-an. Idealnya 1 posyandu satu paket seperti ini tetapi dengan kondisi sekarang kita hanya memiliki 150-an lebih. Itu berarti ada tambahan 4, ini bisa dipakai oleh 10 atau 20 Posyandu, tinggal harinya diatur,” katanya.

“Kebetulan Agustus jadwal pengukuran, arahan pemerintah supaya dalam proses pengukuran harus menggunakan alat yang terstandar seperti ini,” tambahnya.

Bupati Hery menyampaikan bahwa Pemkab Manggarai sungguh berharap, penanganan stunting ke depannya bisa dilaksanakan dengan baik supaya 10 atau 15 tahun lagi kita bisa dapat anak-anak yang sacara fisik dan intelektual baik.

“Terkadang orang hanya menilai kita dari pekerjaan fisik, tapi tidak melihat pekerjaan non fisik, sehingga selama ini terkesan diabaikan. Tetapi itu penting dilakukan. Kita mengarah pada pembangunan manusia, kita bersyukur banyak pihak yang membuka mata hatinya termasuk PT BRI. Semua menyumbang dengan cara masing-masing untuk manusia Manggarai yang lebih sehat,” tuturnya.

Dalam proses pengukuran stunting, Bupati Hery berpesan kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk melakukan pengukuran dengan baik, agar mendapatkan hasil yang valid dan akurat.

“Saya tidak persoalkan angkanya naik atau turun, tetapi yang paling penting adalah hasil yang akurat. Percuma kalau data yang kita dapat menurun kalau fakta sebenarnya di lapangan masih meningkat. Jangan menipu diri hanya untuk mendapatkan penghargaan. Supaya penanganannya juga baik dan benar,” katanya.

Bupati Hery juga meminta semua pihak untuk sama-sama kampanyekan tentang stunting.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pegawai PT BRI Cabang Ruteng, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai; beberapa Kepala Puskesmas; beserta undangan lainnya.