Pemkab Banjar Gelar Apel Satlinmas Jelang Pilkades dan Siaga Bencana

Martapura - Pemerintah Kabupaten Banjar melaksanakan Apel Gelar Pasukan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) desa/kelurahan dalam rangka Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak dan Siaga Bencana 2022, di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alun Alun Ratu Zaleha Martapura, Selasa (30/8) pagi.

Apel dipimpin oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur dihadiri Forkopimda, Asisten Pemerintahan dan Kesra Masruri, beberapa Kepala SKPD, Wakil Ketua Komisi II DPRD Banjar Ahmad Sarwani, camat serta pambakal se-Kabupaten Banjar.

Sebanyak 2.969 orang mengikuti apel yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), desa/kelurahan dan Satlinmas se-Kabupaten Banjar.

Bupati Saidi Mansyur mengatakan, melalui apel gelar pasukan ini dirinya mengingatkan kembali tugas Satlinmas dalam rangka membantu pihak keamanan TNI/Polri untuk menjaga ketentraman juga ketertiban masyarakat khususnya pada penyelenggaraan pilkades dan membantu dalam penanggulangan, serta pencegahan bencana.

”Kami juga terus mendorong melalui leading sektor dinas terkait, kecamatan dan kepala desa untuk memberdayakan Linmas, karena ini adalah ujung tombak pemerintah daerah yang terus kita kuatkan sehingga ketentraman, ketertiban, dan kekondusifan di tengah masyarakat benar-benar ada,” ujarnya.

Saidi menjelaskan, sebanyak 117 desa di 20 kecamatan nantinya akan melaksanakan pilkades serentak yang digelar pada November mendatang.

Ia menambahkan selain untuk pilkades, apel gelar pasukan juga untuk siap siaga bencana seperti banjir, puting beliung, tanah longsor, serta kebakaran hutan dan lahan.

”Pemerintah Kabupaten Banjar mengerahkan peran seluruh SKPD terkait, camat, kepala desa dan semua stakeholder se-Kabupaten Banjar untuk bahu membahu secara bersama dalam upaya kesiapsiagaan,” bebernya.

Di akhir apel dilaksanakan penyematan pita dan Kartu Tanda Anggota (KTA) secara simbolis kepada tiga orang Satlinmas dan satu orang Satpol PP.