Bakesbangpol Banjar Gelar Sosialisasi Peran Forkopimcam Sebagai Pengawas Pilkades

Martapura - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dengan tema “Forkopimcam Sebagai Pengawas Pilkades”. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan pemilihan kepala desa yang aman dan damai di wilayah Kecamatan Martapura, Selasa (30/8).

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Wasis Nugraha, Camat Martapura Muhammad Ramli, peserta dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Panitia Pemilihan Desa, Aparat Kecamatan Martapura, Babinsa dan Babinkamtibmas dengan menghadirkan narasumber dari Kapolsek Martapura Iptu Supriyadi, Plh Danramil 1006-06/Banjar Peltu Khairi.

Kepala Badan Kesbangpol diwakili oleh Sekretaris Badan, Wasis Nugraha menyampaikan kepada seluruh Calon Kepala Desa untuk dapat menjaga menciptakan situasi Pilkades yang damai sejuk, bersikap kooperatif serta tidak menebarkan isu yang negatif.

Sementara itu, Kapolsek Martapura Iptu Supriyadi, dalam pengarahannya mengimbau bahwa para calon kepala desa harus dapat menjaga stabilitas kamtibmas dalam berkampanye.

“Kepada calon kepala desa untuk sekiranya dapat menghimbau kepada team kemenangan dan masa yang dimiliki agar tidak menimbulkan gesekan satu sama lain serta tidak menebarkan isu SARA," ucap Kapolsek Iptu Supriyadi.

Di tempat yang sama, senada dengan apa yang dikatakan oleh Danramil 1006-06/Banjar Peltu Khairi.

“Keamanan adalah faktor penting dalam berkampanye saya berharap, pilkades tahun 2022 khususnya di kecamatan Martapura dapat berjalan dengan aman dan terkendali," harap Khairi.

Calon Kepala Desa siap terpilih dan tidak terpilih dalam pilkades 2022 dan sepakat untuk mematuhi, melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku serta mengedepankan etika dan Moralitas selama pelaksanaan pilkades.

"Tidak akan melakukan money politic, menyebar isu sara dan berita hoaks dalam melaksanakan pilkades dan bersedia menciptakan situasi yang sejuk selama pelaksanaan pilkades," tutupnya.