Bupati Poso Dikukuhkan Sebagai Sesepuh Adat Tampo Bada

 

 

 

 

 

Poso - Bupati Poso Verna G.M Inkiriwang menghadiri dan mengukuhkan pengurus Lembaga Adat Tampo Bada periode 2021 - 2026, di Gedung Serbaguna Jemaat Sion, Desa Gintu, Kecamatan Lore Selatan, Jumat (2/9).

Pada kegiatan ini, Bupati Poso Verna G.M Inkiriwang juga dinobatkan sebagai Sesepuh Adat Tampo Bada yang ditandai dengan penyematan pohea' di kepala di hadapan perwakilan masyarakat adat.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pelaksanaan Musyawarah Wilayah Ke-V Majelis Adat Bada Tahun 2022. Musyawarah ini bertujuan untuk memaksimalkan kerja - kerja cemerlang masyarakat adat Tampo Bada yang tentunya dibutuhkan satu tekad bulat serta tujuan bersama membawa paguyuban ini lebih eksis dan matang yang akan dirumuskan dalam berbagai pertemuan lembaga adat yang dilaksanakan selama dua hari pada 2 - 3 September 2022. Kegiatan ini juga menjadi legitimasi hukum adat untuk memaksimalkan yang menjadi warisan leluhur para tetua adat dalam menjaga dan melestarikan adat Tampo Bada.

 

 

 

 

 

 

Bupati Poso Verna G.M Inkiriwang mengatakan, selalu pihak pemerintah daerah sangat merespons dan mendukung Musyawarah Ke-V Majelis Adat Bada tahun 2022, yang menjadi sarana komunikasi antara pemangku adat serta pemangku kepentingan lainnya dalam merumuskan program kerja.

Sebagai perwakilan pemerintah daerah, bupati akan terus mendorong lembaga adat masyarakat Tampo Bada untuk senantiasa dapat bersinergi dengan Pemkab Poso dalam mensukseskan program-program pembangunan, urusan pemerintahan dan urusan pelayanan sosial kemasyarakatan, sehingga bersama seluruh elemen masyarakat Poso dapat mendukung terwujudnya cita-cita bersama untuk Poso yang Maju, Tangguh dan Terdepan di Sulawesi Tengah.

 

 

 

 

 

Selanjutnya, Bupati Verna mengukuhkan Majelis Wilayah Adat Bada Periode 2021-2026, yaitu selaku Tuana Mahile: Gawi Wengkau, Ketua: Jhon Yus Madoli, Sekretaris: Meysta Bambari, Bendahara: Leki Adios Tompa, Bidang Adat Budaya: Antonius Taula, Bidang Ekonomi: Kalima Tompa, Bidang Lingkungan Hidup: Heles Yabes Kapuy, Bidang Perempuan dan Anak: Arnius Toii serta Bidang Generasi Muda: Reymon Kapuy.

Di akhir kegiatan, Bupati Verna bersama seluruh Majelis Adat Tampo Bada, beserta undangan lainnya berkunjung ke lokasi patung megalith Palindo yang diakhiri dengan kegiatan modulu-dulu atau makan bersama yang dilandasi oleh semangat kebersamaan dan saling berbagi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, anggota DPRD Poso, kepala Dinas PUPR, kepala Dinas Diskominfosandi, perwakilan kepala OPD, camat Lore Selatan dan Barat, serta unsur Tripika Kecamatan.