Cegah Hoaks Vaksin, Dinkes Dumai Gelar "Community Event BA for COVID-19"

Dumai - Dalam rangka menguatkan pemahaman masyarakat tentang vaksinasi dan menangkal hoaks terkait vaksin COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai, Provinsi Riau, lewat Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) menggelar acara Community Event Polulation Breaktrough Action (BA) for COVID-19.

Acara yang dipusatkan di Atrium Citimall Dumai ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai Syaiful, Sabtu (3/9) siang.

Sebanyak 140 peserta, 20 agen of change termasuk undangan lain yang terdiri dari tim fasilitator dan edukator, PKK Kota Dumai, camat, lurah, kepala puskesmas, masyarakat umum, pengunjung serta masyarakat yang akan di vaksin pun turut meramaikan kegiatan tersebut.

Selain menyediakan stan vaksinasi di lantai II Citimall Dumai, kegiatan ini juga disemarakkan dengan berbagai lomba yaitu Lomba Yel-yel Vaksinasi COVID-19, Lomba Penyuluhan Edukasi Vaksin dengan menggunakan CE Kits, dan Lomba Gerak menggunakan Jingle SIAP.

Para peserta lomba yang terdiri dari Ikatan Wanita Minang Riau (IWMR) Kota Dumai, PMMD Dumai, Puja Kesuma Dumai, Kampung KB Tanjung Palas, Kelompok Lansia Kelurahan Laksamana, dan MKKS TK/PAUD Kota Dumai, terlihat antusias dalam mengikuti berbagai lomba yang digelar.

Adapun tujuan diadakan lomba-lomba ini adalah untuk membangkitkan semangat, kebugaran dan kreatifitas bagi lansia dan masyarakat umumnya, sehingga tetap berdaya dan sehat.

Kepala Dinkes Kota Dumai Syaiful mengapresiasi semangat yang ditunjukkan oleh para peserta dan hadirin tamu undangan yang mengikuti jalannya acara.

Tidak lupa, Syaiful mengucapkan terima kasih kepada tim dari John Hpkins Center for Communication Program (JHCCP) yang telah bersinergi membangun negeri dalam program percepatan vaksinasi COVID-19.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan JHCCP memilih Dumai mewakili Provinsi Riau, dan juga merupakan keterwakilan di tingkat nasional, dengan pertimbangan daerah dengan pemberdayaan masyarakat yang aktif," ucapnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini, cakupan penyebaran pesan-pesan kunci program Breakthough Action for COVID-19 semakin luas dan pengetahuan masyarakat, khususnya yang belum vaksin kedua dan ketiga yang mengetahui manfaat vaksinasi COVID-19 semakin bertambah.

"Dengan begitu, baik lansia maupun masyarakat Dumai yang belum vaksin dosis 2 dan 3 yang mau melakukan vaksinasi COVID-19 semakin bertambah," tuturnya.

Di sisi lain Kepala Bidang Kesmas Dinkes Kota Dumai Shintia Riza mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pada siang ini adalah edukasi vaksinasi, pelayanan kesehatan, dan berbagai perlombaan.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari pertemuan pagi tadi di SMPN 2 Dumai, yaitu Orientasi CE Kits agen perubahan, membentuk agen perubahan dari kelompok masyarakat, alhamdulillah acara dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kota Dumai Leni Ramaini. Setelah pembekalan tadi pagi baru dilombakan pada siang ini," sebutnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan wujud kolaborasi Dinas Kesehatan Kota Dumai, Tim Penggerak PKK Kota Dumai, Pemerintah Kecamatan, TNI/Polri, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata dan Pemerintah Kota Dumai.

"Terima kasih juga kami sampaikan kepada pihak sponsor, yaitu Citimall Dumai, Ketua PHRI Dumai, Comforta Hotel Dumai, Sona View Hotel Dumai, Grand Zuri Hotel Dumai, The Zuri Hotel Dumai, 234 SC Regwil Dumai, Toko Surya Ananda, PT Kosaka Utama, PT Ivo Mas dan PT Kalbe Nutritionis, serta Rumah Makan Dedi Datuk yang telah membantu, sehingga acara kita berjalan lancar dan meriah dengan tetap menerapkan prokes," sebut Shintia.

Terakhir, Shintia mengatakan, dari Dinkes Dumai melalui Bidang Kesmas berkomitmen untuk terus melakukan upaya yang masif dalam menyebarkan informasi yang benar untuk menangkal hoax dan menguatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya vaksin COVID-19 khususnya bagi sasaran masyarakat umum yang belum vaksin kedua dan booster.