Pemkot Dumai Ikuti Rapat Pengendalian Inflasi Bersama Pemerintah Pusat

Dumai - Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Indra Gunawan menghadiri rapat secara virtual terkait kebijakan pemerintah dalam pengendalian inflasi, di ruang rapat Wan Dahlan Ibrahim, Senin (5/9).

Rapat ini merupakan langkah-langkah dari Pemerintah Pusat dalam melakukan kebijakan pengendalian inflasi yang terjadi di daerah-daerah yang diikuti oleh pemerintah kabupaten dan kota se-Indonesia.

Ada juga beberapa kementerian dan pimpinan instansi yang ikut memberikan beberapa langkah dalam video conference ini diantaranya yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sosial, Kementerian Desa, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Desa, panglima TNI, kapolri, dan jaksa agung.

Dalam arahannya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan untuk seluruh pemerintah kabupaten dan kota agar saling membantu dan mendukung masyarakatnya yang terdampak inflasi di daerahnya masing-masing serta dapat mengupayakan masyarakat tetap tenang.

"Untuk pemerintah di daerah agar semuanya bergerak dalam mengendalikan inflasi di daerahnya masing-masing, dan juga laksanakan kerjasama antar daerah. Apabila pemerintah di daerah sudah bergerak mengendalikan Inflasi ini maka pemerintah di pusat akan lebih mudah juga mengendalikannya," ucapnya.

Selanjutnya, pada kesempatan tersebut Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebutkan, Kementerian Sosial telah menyalurkan bantuan Bantuan Langsung Tunai BBM (BLT BBM) ke 34 Provinsi melalui PT. Pos Indonesia, dan pihaknya menjamin untuk ketepatan sasarannya di masyarakat.

"Kami telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai BBM (BLT BBM) ke 34 provinsi melalui PT Pos Indonesia, di daerah Kalimantan dan NTT jika sulit di akses kami akan menggunakan pesawat, kami akan berikan bantuan ini setuntas-tuntasnya. Kami juga memiliki contact center apabila ada masalah bisa menghubunginya, dan kami juga punya tenaga relawan untuk ketepatan sasarannya," sebutnya.

Sedangkan, Sekda Kota Dumai Indra Gunawan, menyampaikan kepada seluruh OPD yang hadir untuk saling membantu dalam pengendalian inflasi yang telah dijelaskan oleh menteri dalam negeri.

"Kita berharap semua yang hadir disini untuk saling menindaklanjutinya sesuai arahan Mendagri tadi di OPD nya masing-masing, ini kerja kita bersama dalam membantu pemerintah pusat, bisa kita lihat ada beberapa komoditi yang menyebabkan dari inflasi ini, dari setiap OPD yang tugas pokoknya terkait komoditi ini agar untuk menggali informasi dan menyiapkan daftar-daftar komoditi yang dimana lebih dominan terjadinya inflasi tersebut," tandasnya.