Wabup Tanah Datar Apresiasi Warga Sapta Marga II Tanjung Bonai

Tanah Datar - Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri mengapresiasi kekompakan masyarakat Jorong Perwakilan Sapta Marga II Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara yang rutin melaksanakan gotong royong dengan berbagai kegiatan.

“Semangat gotong royong perlu dipertahankan dengan gotong royong akan tumbuh kebersamaan dan saling sapa. Gotong royong bisa menjadi perekat dan pemersatu sehingga setiap pekerjaan terasa lebih ringan,” katanya akhir pekan lalu.

Zuldafri juga menyampaikan rasa kagum dengan keindahan alam dan potensi yang dimiliki Sapta Marga II.

“Melihat kondisi alamnya daerah ini menyimpan potensi besar untuk berkembang lebih maju. Jika dikelola dengan baik akan menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat sekitar, butuh terobosan-terobosan baru juga,” tuturnya.

Jorong Perwakilan Sapta Marga II yang berada di ketinggian ini menurut Zuldafri, pembangunannya bisa disandingkan antara pengembangan sektor pertanian, perkebunan dan peternakan dengan sektor pariwisata.

Hal ini juga sejalan dengan empat prioritas pembangunan Tanah Datar dua diantara pengembangan sektor pertanian dan pariwisata.

“Potensi ada, di satu sisi semangat gotong royong dan kebersamaan sudah terjalin dengan baik. Dengan semangat gotong royong akan timbul terobosan-terobosan baru," tegasnya.

Sementara itu Wali Jorong Perwakilan Sapta Marga II Sukarmin mengungkapkan wilayahnya merupakan bagian dari Jorong Tanjung Modang dan berharap bisa menjadi jorong definitif di Tanah Datar.

“Warga Sapta Marga II yang berjumlah 65 KK atau 300 jiwa mayoritas merupakan petani dan peternak, memasarkan hasil pertanian untuk wilayah Lintau dan 50 Kota,” ujarnya.

Sukarmin menuturkan penamaan wilayahnya Sapta Marga II sesuai dengan program TNI Angkatan Darat saat pembukaan wilayah untuk personil Angkatan Darat pada tahun 1977 silam.

“Kepala Staf Angkatan Darat waktu itu yang langsung memberikan nama Sapta Marga di bawah binaan Kodam 17 Agustus, dimana Sapta Marga I berada di Pesisir Selatan, Sapta Marga II di Tanah Datar dan Sapta Marga III di Pasaman,” terangnya.

Lebih lanjut, usaha masyarakat di sektor pertanian dan peternakan semakin berkembang sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan.