Pemkot Dumai Apresiasi Rencana Kerjasama Dipo Kontainer dan Hibah Oksigen Generator

Dumai - Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Indra Gunawan menyaksikan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid P.M bersama Ketua Kadin Provinsi Riau Juni Ardianto Rachman, di Jalan Datuk Laksamana (eks Kantor DPRD Dumai), Rabu (7/9).

Dalam satu kesempatan, tiga event penting disaksikannya pada pagi hari ini, dalam bentuk perdagangan dan jasa, kesehatan, dan pengembangan UMKM. Tiga event tersebut yaitu, pencanangan rencana kerjasama depo kontainer yang dilakukan Kadin Indonesia bersama PT. Pelindo I bersinergi dengan BUMD PT. Pembangunan Dumai, penyerahan hibah generator oksigen antara Kadin Indonesia bersama RSUD Dumai, dan pencanangan pusat pengembangan wirausaha Kota Dumai.

Dalam sambutannya, Sekda Kota Dumai Indra Gunawan mengapresiasi pencanangan rencana kerjasama depo kontainer.

Menurutnya, kerja sama depo kontainer ini memiliki peran penting dalam kegiatan ekspor dan impor guna memperlancar arus kontainer dan lalu lintas angkutan barang serta mengefisienkan jalur rantai pasok, yang mana peran depo kontainer dalam sistem logistik adalah mendukung efisiensi tata kelola dan tata niaga.

"Bisnis depo kontainer menjadi bagian penting dalam pergerakan ekonomi dibidang jasa. Dalam kaitan itulah, kita mensyukuri atas diberikannya ruang kepada BUMD PT. Pembangunan Dumai untuk bersinergi bersama PT. Pelindo I, dalam hal kerjasama depo kontainer," ucapnya.

Dengan terealisasinya depo kontainer ini, dirinya berharap bisa menjaga vitalitas BUMD sehingga dapat menjadi perusahaan yang self-sustainable (mandiri) dan pada gilirannya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Dumai yang lebih baik.

Selanjutnya, Indra Gunawan juga mengucapkan terima kasih terkait penyerahan hibah berupa oksigen generator dari Kadin Indonesia kepada Pemerintah Kota Dumai. Hibah generator oksigen senilai Rp3 miliar ini akan ditempatkan di RSUD Kota Dumai, diperkirakan akan mampu mengisi ulang 100 tabung oksigen 6 kilogram/jam. Tentunya hal ini akan sangat membantu dalam menjaga ketersediaan tabung oksigen di RSUD, sekaligus mendukung Khidmat Kesehatan yang tengah dilaksanakan.

"Dengan fasilitas yang semakin lengkap tentu akan semakin menjadikan RSUD kita semakin representatif," tuturnya.

Dan yang ketiga, tentang pencanangan pusat pengembangan wirausaha Kota Dumai, Sekdako Dumai berharap melalui ini, bisa melatih para pelaku usaha untuk menjadi pengusaha yang produktif dan dapat bersaing di kancah nasional maupun internasional nantinya.

Terakhir, atas nama Pemerintah Kota Dumai, Sekda Indra Gunawan meyampaikan rasa bangga dan mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah berupaya mensukseskan terjalinnya kerjasama ini.

"Semoga dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Kota Dumai, serta semoga Allah SWT memudahkan segala upaya yang kita lakukan," pungkas Sekda Kota Dumai.

Usai penandatanganan prasasti dan penandatanganan surat berita acara, rombongan Kadin Indonesia dan segenap jajaran dan Sekdako Dumai bergegas menuju ke The Zuri Hotel, tempat pelaksanaan Musprov ke-VII Kadin Riau.

Turut hadir DPRD Kota Dumai, Unsur Forkopimda Kota Dumai, Ketua MPW PP Provinsi Riau, Ketua Kadin Dumai dan segenap jajaran, serta hadirin tamu undangan.