BNNK Bogor Musnahkan Ratusan Ribu Gram Barang Bukti Narkotika

Cibinong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengikuti kegiatan pemusnahan barang bukti (BB) kasus narkotika, di halaman Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bogor, Cibinong, Kamis (8/9).

Sebanyak ratusan ribu gram barak bukti narkotika golongan 1 dimusnahkan.

Sekretaris Badan Narkotika Nasional (BNN) RI I Wayan Sukawinaya mengungkapkan, kegiatan BNN hari ini dalam rangka melaksanakan kegiatan pemusnahan barang bukti narkotika yang dilakukan oleh BNN untuk ke-4 kalinya sepanjang tahun 2022. Pemusnahan barang bukti narkotika adalah sebagai wujud transparansi dan pertanggungjawaban BNN kepada publik.

"Barang bukti narkotika yang dimusnahkan hari ini berupa narkotika golongan 1 yakni, sabu seberat 235.528 gram, ganja seberat 231.246,17 gram, kemudian ada ekstasi seberat 19.700 butir atau 8.063,80 gram. Seluruh barang bukti yang disita berasal dari 10 Laporan Kasus Narkotika (LKN) dengan 16 tersangka," ungkap I Wayan.

Ia menambahkan, hal ini sesuai dengan amanah Pasal 91 ayat 2, ayat 3, ayat 4, dan ayat 5, dan Pasal 92 ayat 3 UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika yaitu, barang sitaan narkotika dan prekursor narkotika yang berada dalam penyimpanan dan pengamanan penyidik yang telah ditetapkan untuk dimusnahkan.

"Kasus tindak pidana narkotika yang berhasil diungkap ini berkat sinergitas yang dijalin antara BNN dengan TNI, Polri serta Bea dan Cukai Republik Indonesia," tandasnya.