Peringati HKGN 2022, Ribuan Siswa SD Muara Enim Sikat Gigi Massal

Muara Enim - Dalam rangka menyemarakan peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) Tahun 2022. Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Muara Enim menggelar kegiatan Sikat Gigi Massal bersama 3.000 siswa sekolah dasar (SD) di SDN 3 Kota Muara Enim, Senin (12/9).

"Peringatan ini harus dimaknai sebagai momentum pengingat bagi kita semua akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, yang tentunya harus dimulai dan ditanamkan sebagai kebiasaan sejak usia dini. Kesehatan gigi dan mulut sangat erat hubungannya dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, baik fisik maupun psikis," ucap Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Kurniawan, saat menyampaikan arahannya sebelum membuka kegiatan.

Untuk itu, ujarnya, sangat diperlukan kegiatan promotif yang berkesinambungan dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, sehingga diharapkan mampu memberikan pemahaman dan memotivasi untuk semua, khususnya para anak-anak akan pentingnya menjaga dan memelihara kesehatan gigi dan mulut.

Lanjut Pj Bupati, dirinya memberikan apresiasi kepada PDGI Kabupaten Muara Enim dan PALI yang sudah menggelar kegiatan ini.

"Ini tidak hanya menjadi tanggung jawab para dokter gigi saja, melainkan harus menjadi usaha kita semua melalui para tenaga kesehatan maupun penyuluh kesehatan di berbagai Puskemas dan juga para guru di sekolah," tegasnya.

Sementara itu, Ketua PDGI Cabang Kabupaten Muara Enim drg Jayadi Rapen Ulpa mengatakan, HKGN ini dilaksanakan setiap 12 September, dimana dalam kesempatan ini digelar serentak di 12 provinsi bersama Menteri Kesehatan.

"Kami berharap semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat (pengetahuan) yang baik terutama bagi anak-anak (SD) karena  kebanyakan orang tua masih menganggap remeh kesehatan gigi dan mulut. Padahal masalah gigi dan mulut pada anak dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak," kata Jayadi.

Salah seorang peserta sikat gigi, Rayyanza Attala mengatakan, dirinya sangat senang ikut kegiatan ini karena dapat mengetahui cara sikat gigi yang benar.

"Sangat senang sekali, karena dengan kegiatan ini saya bisa mengetahui bagaimana cara sikat gigi yang baik dan benar serta kapan waktunya harus menyikat gigi," kata siswa Kelas VI SD Rayyanza Attala dengan semangat.

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim, Camat Muara Enim, Kepala Sekolah SD Negeri 3 Muara Enim, dan para Dokter Gigi se-Kabupaten Muara Enim.