Plt Bupati Pemalang Launching Website pgdpemalang.id

Pemalang - Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat melaunching Website pgdpemalang.id

Pemalang cerdas melalui virtual di Command Room Diskominfo, Senin (12/9).

Mas Mansur menjelaskan, Website "pgdpemalang.id" Pemalang cerdas, merupakan tempat pendidikan dan pelatihan dalam jaringan bagi guru-guru se Kabupaten Pemalang.

"Pgdpemalang.id menjadi basis data dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi guru di tingkat PAUD/TK, SD/MI, SMP/Mts, SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta," paparnya.

Lewat Zoom, Mas Mansur menguraikan, peran dan fungsi website pgdpemalang.id sangat strategis dalam mengembangkan kapasitas SDM guru di Kabupaten Pemalang. Oleh karena itu, Ia minta kepada seluruh tenaga pendidik dan kependidikan agar dapat memanfaatkan website tersebut dengan semaksimal mungkin dalam rangka membangun pendidikan di Kabupaten Pemalang menuju Guru Pemalang yang CERDAS (Cakap, Energik, Rajin, Dinamis, Akurat dan Santun).

Di era globalisasi dan pesatnya Teknologi Informasi saat ini, menurut Mas Mansur, keberadaan website dipandang sangat penting dalam upaya pengembangan kualitas SDM maupun kelembagaan organisasi. Ia mengatakan, website berfungsi sebagai sarana/media penyebarluasan informasi-informasi penting yang harus di ketahui atau diakses oleh stakeholder di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Di samping itu, website juga menjadi sarana promosi kegiatan yang cukup efektif, Ia mencontohkan, berbagai kegiatan positif dapat dengan mudah diunggah disertai gambar-gambar yang relevan, sehingga masyarakat dapat mengetahui prestasi-prestasi yang telah berhasil diraih.

Sebagai media pembelajaran, papar Mas Mansur, website pgdpemalang.id memiliki fungsi yaitu memuat informasi pelatihan secara daring maupun luring yang diselenggarakan oleh komunitas pgdpemalang. Ia menjelaskan, di dalam website tersebut pendidik dan tenaga pendidikan dapat memilih tentang pelatihan yang sesuai dengan keterampilan yang bersangkutan bahkan lewat website tersebut guru dapat merencanakan pengembangan diri yang akan dilakukan melalui pelatihan yang disiapkan.

"Hal ini tentunya akan sangat membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi," kata Mas Mansur.

Launching website pgdpemalang.id diikuti oleh seluruh guru di berbagai jenjang pendidikan mulai dari PAUD hingga SLTA di Kabupaten Pemalang melalui Zoom Meeting.