Pemkab Jayapura Pastikan Ketersediaan Air Bersih untuk Tamu KMAN VI

Sentani - Pemerintah Kabupaten Jayapura memastikan ketersediaan air bersih, baik untuk dikonsumsi maupun keperluan lainnya bagi para tamu pada saat pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI Tahun 2022 yang akan berlangsung di kampung-kampung yang tersebar di wilayah Danau Sentani.

"Selain kebutuhan tempat tinggal yang menjadi perhatian pemerintah daerah bagi para tamu yang akan datang dan berkunjung ke kampung-kampung yang ada di Danau Sentani pada saat berlangsungnya kongres masyarakat adat nusantara atau KMAN yang ke-VI. Kami dari pemerintah daerah juga telah memastikan ketersediaan air bersih, baik untuk di konsumsi maupun untuk keperluan lainnya bagi para tamu pada saat berlangsungnya kongres tersebut," ucap Mathius Awoitauw, saat dikonfirmasi wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, baru-baru ini.

Lanjut Bupati Mathius mengatakan, untuk pemenuhan kebutuhan air bersih bagi para tamu itu sudah menjadi perhatian khusus dari tim di Bidang Perlengkapan dan Akomodasi di dalam Panitia Pelaksana Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI Tahun 2022.

"Kepala Dinas PU dan Kepala Dinas Perumahan itu mereka sudah presentasi kemarin mungkin minggu ini mereka sudah kerjakan. Kita sampaikan jangan terlalu berat, karena pikir hal-hal yang lain juga. Kalau yang berat, biar saja kita cari alternatif lain untuk akomodasi itu," katanya.

Selain itu, Mathius mengakui, untuk kawasan pemukiman di Danau Sentani sejauh ini masih mengandalkan sumber - sumber air di Danau Sentani, untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Karena itu, sehubungan dengan penyelenggaraan KMAN ke-VI yang akan dilaksanakan di sejumlah kampung di Danau Sentani, maka itu pihaknya akan menyediakan air bersih.