Wali Kota Dumai Dukung Perencanaan Berbasis Data Rapor Pendidikan

Dumai - Wali Kota Dumai, Riau, Paisal membuka secara resmi acara Pemanfaatan Rapor Pendidikan untuk Perencanaan Pendidikan Daerah dan Satuan Pendidikan Kota Dumai.

Kegiatan yang digelar di Ruang Rapat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai ini, digelar secara daring dan luring, disaksikan Kepala Sekolah TK/PAUD, SD, SMP se Kota Dumai, Senin (19/9d).

Di awal, Kepala Disdikbud Kota Dumai Yusmanidar, menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) telah merilis platform Rapor Pendidikan beberapa waktu lalu.

"Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan refleksi dan evaluasi bersama tenaga pendidik di satuan pendidikan, untuk kemudian digunakan sebagai dasar perencanaan berbasis data yang tepat dan akurat," katanya.

Yusmanidar menambahkan, perencanaan berbasis data yang dilakukan bertujuan untuk mencapai peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.

"Perencanaan berbasis data juga bertujuan memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran yang efektif dan akuntabel sesuai dengan kebutuhan dinas maupun satuan pendidikan," sebutnya.

Menanggapi pernyataan tersebut, Wali Kota Paisal atas nama Pemkot Dumai tentunya mendukung perencanaan berbasis data rapor pendidikan dalam menyusun program dan anggaran pendidikan di Dumai. Menurutnya, hal ini mutlak diperlukan untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga dibutuhkan penyusunan program dan anggaran yang tepat sasaran.

"Kami sepakat, perencanaan berbasis data rapor pendidikan ini harus dimaksimalkan, agar peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan di Kota Dumai yang berkesinambungan dapat tercapai," ucap orang nomor satu di Kota Dumai.

Ia juga menyampaikan, Pemerintah Kota Dumai memang memberikan atensinya terhadap dunia pendidikan, dibuktikan dengan Khidmat Pendidikan yang berada diurutan pertama didalam program Dumai Berkhidmat.

Terakhir, ia mengajak kepada seluruh pihak, baik DPRD Kota Dumai melalui Komisi I, Disdikbud Kota Dumai, Bappedalitbang Dumai, Tanoto Foundation, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Riau, pengawas sekolah, dan seluruh kepala sekolah untuk komit mendukung program ini.

"Kami optimis, perencanaan berbasis data ini akan berdampak baik terhadap program kegiatan peningkatan mutu pendidikan di Kota Dumai," pungkasnya.

Disisi lain, Dendi Satria Buana selaku Koordinator Tanoto Foundation Riau mengungkapkan, kehadirannya sebagai mitra Program Pintar Pemko Dumai dan mitra Pembangunan BPMP dilandasi tujuan yang sama yakni membantu meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia khususnya di Kota Dumai.

Menurutnya, merencanakan program kegiatan berdasarkan hasil analisis rapor pendidikan adalah upaya yang paling tepat dan sangat relevan untuk dilakukan pada saat ini.

"Kegiatan kita hari ini adalah untuk membahas dan mendiskusikan perencanaan berbasis data rapor pendidikan untuk pemerintah daerah dan satuan pendidikan. Mudah-mudahan, kegiatan ini dapat dapat menambah penguatan terhadap perencanaan pendidikan di Kota Dumai," pungkasnya.

Turut hadir secara luring, Ketua Komisi I DPRD Kota Dumai Idrus, Kepala BBPMP Riau Wisma Endrimon, Kepala Bappedalitbang Kota Dumai Budhi Hasnul, Kabag Adm. Pembangunan Wilsubandi, pejabat eselon 3 dan 4 serta pengawas sekolah di lingkungan Disdikbud Kota Dumai.