Kubu Raya Tuan Rumah Festival Literasi Indonesia 2022

Kubu Raya - Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, menjadi tuan rumah Festival Literasi Indonesia (FLI) Tahun 2022 yang digelar selama empat hari mulai 28 September - 1 Oktober.

Kegiatan yang dibuka Bupati Muda Mahendrawan di Qubu Resort imi diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat, penggiat literasi, sastrawan serta elemen masyarakat lainnya. Kegiatan tahunan ini mengusung tema “Transformasi Litrasi dalam Konteks Merdeka Belajar”.

Koordinator Fungsi Keaksaraan Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dr. Cecep Suryana mengatakan, terpilihnya Kabuapten Kubu Raya sebagai tuan rumah Festival Literasi Indonesia (FLI) tahun 2022 ini dikarenakan Pemkab Kubu Raya dalam hal ini Bupati Muda Mahendrawan sangat komit dalam membangun literasi di daerahnya.

“FLI tahun 2022 ini diikuti 70 penggiat literasi yang mewakili 34 pengurus litrasi disetiap provinsi di Indonesia dan pengurus pusat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sekaligus melibatkan penasehat literasi Indonesia Maman Suherman serta akademisi-akademisi di berbagai universitas," kata Dr. Cecep Suryana saat menghadiri Festival Literasi Indonesia (FLI) tahun 2022 di Qubu Resort Kubu Raya, Kamis (29/9) pagi.

Cecep menjelaskan, digelarnya FLI tahun 2022 ini sebagai upaya bagi pihaknya membangun komitmen dalam peningkatan literasi dan menjadi satu diantara strategi pengembangan pendidikan di Indonesia yang disampaikan Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam memperkuat Merdeka Belajar melalui penempatan literasi dan karakter untuk membangun problem belajar Pancasila secara utuh.

“Pada FLI ini, kita juga bertujuan untuk memberantas buta aksara karena Kalimantan Barat satu diantara provinsi yang masih cukup tinggi buta aksaranya di Indonesia. FLI ini dimulai sejak tahun 2014 dan setiap tahun digelar, sedangkan di Kubu Raya merupakan FLI yang ke delapan digelar sedangkanHAri Aksara Internasional sudah yang ke-57 digelar yang merupakan program-program di UNESCO yang berpusat di Paris," ujarnya.

Cecep menuturkan, selain kegiatan ini, pihaknya juga menggelar Hari Aksara Internasional, webinar literasi setiap pekan menjelang Hari Aksara Inetrnasional, lomba penggiat literasi. Pada peringatan Hari Aksara Internasional tingkat Nasional ke-57 tahun 2022, Kemendikbudristek melalui Direktorat PMPK, Ditjen PAUD, Dikdasmen memberikan penghargaan anugerah aksara kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, karena komitmennya dalam meningkatkan literasi masyarakat.

Pada kegiatan ini, Bupati Muda Mahendrawan mengukuhkan Rosalina Muda sebagai Bunda Literasi kabupaten Kubu Raya priode 2022-2027.