Pemkab Kubu Raya Terus Tingkatan Literasi Anak di Seluruh Penjuru Desa

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan mengatakan, pemerintah daerah setempat akan terus berkomitmen dalam meningkatkan literasi anak-anak, khususnya melalui Festival Literasi Indonesia 2022.

“Festival Literasi Indonesia tahun ini luar biasa, kita bersyukur karena bisa dipercaya menjadi tuan rumah. Dalam hal ini, artinya semua gerakan dan inisiatif terbaik dari berbagai forum komunitas yang ada di Kubu Raya, baik itu komunitas literasi sosial, budaya, ekonomi, digital, dan seluruhnya berhasil menjadi sebuah fondasi yang baik dalam meningkatkan literasi untuk anak anak kita,”ujar Bupati Muda Mahendrawan, saat menghadiri Festival Literasi Indonesia di Qubu Resort, Kubu Raya, Kamis (29/9) pagi.

Ia mengajak anak-anak di Kubu Raya untuk mulai melakukan kebiasaan yang baik dan melahirkan inovasi baru serta dapat memperkuat literasi masyarakat.

“Pada festival ini kita harus secara optimal menggerakkan literasi membaca supaya anak anak dan masyarakat di Kabupaten Kubu Raya menjadi pintar dan berani membangun karakter mental unggul yang luar biasa, karena melalui literasi, anak anak juga dapat berupaya untuk memperkuat relasinya, dan itu sangat penting," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa dalam literasi selain memberi dampak yang baik dan dapat memperkuat mental karakter unggul dari anak anak, penting juga untik mempunyai kemampuan publik speaking dan percaya diri yang baik.

“Anak-anak juga harus punya keberanian, konfiden, kepercayaan diri yang tinggi dan kemampuan publik speaking yang baik, sehingga anak punya kemampuan untuk melihat secara intuisi dan berpikir mendunia dalam menembus zaman," ujarnya.

Muda berharap melalui Festival Literasi tersebut dapat membangun pola untuk memperkuat jejaring agar gerakannya lebih masif sampai ke penjuru desa.

“Kita berharap dari Festival Literasi Indonesia ini nanti ada satu pola atau ekosistem yang bisa dibangun dengan memperkuat jejaring agar nantinya gerakan ini bisa lebih masif lagi di seluruh penjuru desa," pungkasnya.