Terima Kunjungan Pansus DPRA, Ini Permintaan Bupati Aceh Tengah

Takengon - Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menerima kunjungan kerja Anggota DPR Aceh (DPRA), di Pendopo Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (7/7).

Kunjungan kerja yang dilakukan oleh anggota DPRA yang tergabung dalam Panitia Khusus (Pansus) Kegiatan Dana Tambahan Bagi Hasil (DTBH) Migas dan Dana Otsus Provinsi Aceh Tahun Anggaran 2019 di Dapil IV itu terdiri dari Alaidin Abu Abbas (Demokrat), Hendra Budian (Golkar), Muhammad Ridwan (PDIP), Salihin (PKB), Bardan Sahidi (PKS) dan Taufik (Gerindra).

Ketua Pansus Alaidin Abbas menyatakan bahwa kunjungan kerja yang dilakukan oleh anggota DPRA dari Dapil IV ini dalam rangka memantau dan mengevaluasi program dan kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Aceh melalui sumber Dana Tambahan Bagi Hasil Minyak dan Gas (DTBH Migas) dan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Tahun Anggaran 2019 yang dialokasikan di Kabupaten Acxeh Tengah.

“Tim Pansus ingin mengetahui kondisi riil pelaksanaan kegiatan di lapangan, untuk itu kami sangat mengharapkan informasi dan masukan dari bapak bupati, sebelum kami turun kelapangan,” kata Alaidin.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengatakan, pihaknya menyambut baik kunjungan kerja Tim Pansus. Shabela berharap melalui kunjungan kerja ini, selain untuk mempererat silaturahmi, juga untuk saling berbagi informasi antara pemprov dan pemkab untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan pembangunan yang dilakukan.

Menurut Shabela, masih ada program dan kegiatan yang selama ini dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Aceh namun dalam pelaksanaannya tidak berkoordinasi dengan dengan pemerintah kabupaten.

“Kami berharap kedepannya koordinasi dalam pelaksannaan kegiatan dari provinsi di daerah kami, juga diokoordinasikan dengan kami, sehingga kami juga bisa melakukan pengawasan agar kegiatan tersebut dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan,” ungkap Shabela.

Shabela berharap dari awal semua program dan kegiatan yang berasal dari pemerintah provinsi diinformasikan kepada pemerintah kabupaten, jangan setelah ada masalah baru melibatkan pemerintah daerah.

Secara spesifik, meskipun bukan ranah Tim Pansus, Shabela meminta perhatian para anggota DPRA dari Daerah Pemilihan IV (Aceh Tengah dan Bener Meriah) untuk melakukan peninjauan kondisi ruas jalan provinsi yang menghubungkan beberapa wilayah dan daerah di Kabupaten Aceh Tengah.

Menurutnya, pada beberapa titik jalan dan jembatan sudah banyak yang mengalami kerusakan sehingga memerlukan perbaikan atau pemeliharaan.

“Kami sebut saja salah satunya, pada jalan lintas dari Bintang ke Serule, jalanan rusak mencapai 8 km yang perlu penanganan lebih lanjut, silakan Tim Pansus meninjau lokasi tersebut supaya tahu kondisi riil di sana,” ujar Shabela.

Bupati Aceh Tengah juga meminta Tim Pansus memberikan penjelasan mengenai keberlanjutan pembangunan proyek yang dilaksanakan secara multi years seperti pembangunan Rumah Sakit Regional di Belang Bebangka, Pegasing dan Pembangunan Menara Mesjid Agung Ruhama Takngon, agar tidak terkesan sebagai proyek mangkrak.

Shabela juga berharap ada bantuan dari Pemprov Aceh terkait penataan lingkungan dan penanganan sampah di kabupaten ini, terutama dalam penerapan teknologi pengolahannya.

Menurut recana, Tim Pansus DPRA akan melakukan peninjauan kegiatan pekerjaan pembangunan di sejumlah titik dalam Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah hingga 7 hari kedepan.