Hari Kesaktian Pancasila, Sekdakot Dumai Minta Generasi Muda Tidak Lupakan Sejarah

Dumai - Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Indra Gunawan menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila bersama Forkopimda secara virtual, di Ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim, Sabtu (1/10).

Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini terhubung secara virtual ke Lubang Buaya, Jakarta Timur yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

Usai upacara, Indra Gunawan menyampaikan pesan agar generasi muda untuk mengingat sejarah bahwa pada 30 September silam ada tragedi nasional yang dimana terjadi pembunuhan kepada para Jenderal dan dikuburkan di Lubang Buaya.

"Kita berharap kepada generasi muda untuk selalu membaca dan mengingat sejarah bahwasanya tragedi pembunuhan kepada para Jenderal pernah terjadi dan dimakamkan di Lubang Buaya, dan itu telah ditumpas pada 1 Oktober melalui gerakan yang dinamakan Kesaktian Pancasila," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0320 Letkol Arh Hermansyah Tarigan juga berpesan kepada generasi muda agar selalu untuk berpegangan kepada Pancasila.

"Kita tegakan Pancasila berarti kita menegakan negara Republik Indonesia itu juga, karena Pancasila merupakan dasar negara yang di dalamnya terdapat butir-butir luhur dari kebudayaan bangsa Indonesia sendiri," sebutnya.

Adapun yang bertugas sebagai Pembaca Teks Pancasila adalah Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo, sedangkan untuk pembaca Naskah Undang-undang Dasar (UUD) RI Tahun 1945 Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti.