Jadi Primadona, Kuliner Swamening Jayapura Diharapkan Masuk Pasar Modern

Sentani – Makanan khas asli Lembah Grime Nawa yang disebut swamening atau gedi gulung menjadi primadona dalam Pentas Kuliner Swamening yang digelar sejak 24 - 27 September 2022 di Kali Biru, Kampung Berab, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Papua.

Pada pentas kuliner itu, swamening diperkenalkan kepada masyarakat umum di luar Lembah Grime. Dan para pengunjung pun, ada yang mencoba mencicipi swamening alias gedi gulung.

“Kami, ibu-ibu dari Grime Nawa mencoba memperkenalkan Swamening kepada masyarakat umum. Dan kami berharap melalui Pentas Kuliner ini, Swamening dapat masuk pasar modern seperti mall, supermarket. Bahkan kalau memungkinkan, Swamening ini dapat menjadi salah satu makanan yang dapat ditawarkan di hotel dan restoran yang ada di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura,” ungkap mama Manggo, salah satu peserta Pentas Kuliner Swamening di Kali Biru, Selasa (27/9).

Menurut Mama Manggo, swamening harus masuk pasar modern supaya dapat mengangkat budaya orang Grime dan Kabupaten Jayapura.

Lebih lanjut, Mama Manggo menjelaskan, Swamening harus dapat dikolaborasikan dengan perkembangan kuliner modern agar panyajianya lebih eksotis.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura, Jhon Wiklif Tegai usai penutupan Pentas Kuliner Swamening mengatakan, sebenarnya banyak kuliner tradisional seperti Udunagut atau sagu-pisang yang mampu menembus pasar modern.

"Ini sebenarnya kalau diangkat, semakin sering pentas kuliner digelar akan menambah wawasan mama untuk mengembangkan kuliner tradisional dalam menambah rasa, sehingga itu bisa menembus pasar modern," tutur Jhon Wiklif Tegai.