Wali Kota Pariaman Banjir Pujian di ASEAN Major Forum

Surabaya - Wali Kota Pariaman Genius Umar menjadi keynote speaker dalam ASEAN Major Forum, di Hotel Shangrilla Surabaya, Jawa Timur, Kamis (6/10).

Pada acara tersebut, Genius Umar mendapatkan banyak pujian atas kinerjanya dari para wali kota se-Asia Tenggara.

Genius Umar, dalam paparannya menceritakan saat situasi sulit pandemi COVID-19, dimana terdapat pemotongan anggaran oleh pemerintah. Namun, menurutnya, hal itu bukan halangan, dan hasilnya Pemkot Pariaman dapat membuka jalan sepanjang 40 kilometer pada 16 ruas dengan anggaran nol rupiah.

"Hal ini terwujud dengan membangun komunikasi bersama masyarakat yang tanahnya terpakai untuk pembukaan jalan tanpa ada ganti untung ataupun ganti rugi. Cara yang digunakan juga, yakni dengan pemberdayaan masyarakat secara gotong royong, serta komunikasi yang menyentuh warga, dan tentu saja keterlibatan perantau dalam membuat jalan baru yang bisa menjadi terrace sungai dan pantai sehingga program water front city pariaman bisa berkelanjutan," jelasnya.

Selain itu dalam penanganan pandemi COVID-19, jelas Genius Umar, Pemkot Pariaman berhasil mencapai 100 persen vaksinasi.

"Di sisi lain, ketahanan Pariaman masuk dalam kategori "tangguh", karena persoalan sosial yang ada di masyarakat , seperti pendidikan dapat diatasi dengan program Satu Keluarga Satu Sarjana," ujarnya.

Tambah Genius, Pemkot Pariaman memperkuat destinasi pariwisata dan ketahanan pangan, baik itu pertanian dan nelayan sehingga pariaman bisa melalui masa sulit pandemi COVID-19.

Lebih lanjut Genius menjelaskan bahwa digitaliasi melalui Pariaman Smart City dan kerja nyata harus diwujudkan sebagai salah satu langkah percepatan pemulihan ekonomi dan kemajuan daerah.

Sementara pada kesempatan itu, Wali Kota Kuala Lumpur, Malaysia Datuk Seri Mahadi Bin Che Ngah meminta partisipasi aktif Wali Kota Pariaman Genius Umar yang juga Vice President Tourism Promotion Organization (TPO) Asia Pasifik untuk bersama-sama agar intensitas penerbangan AirAsia ke Negeri Jiran bisa seperti sebelum pandemi, yakni 10 kali per pekan.

"Tentu saja ini menjadi kepentingan bersama agar rute penerbangan kedua wilayah bertetangga tersebut bisa kembali menggeliat dan menjadi daya ungkit pariwisata," ujarnya.

Deputy Director Kingdom of Cambodia juga mengundang Genius Umar untuk hadir sebagai pembicara pada acara di Kamboja pada 6 Desember mendatang.

Sedangkan Nuon Pharat selaku Vice Gubernur Phnom Penh, mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar, yang dinilai tidak hanya mampu bertahan tapi keluar dari kondisi terburuk saat pandemi COVID-19.

Turut hadir, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak yang terpilih sebagai Presiden The Eastern Regional Organisation for Planning and Housing (EAROPH) periode 2022-2024.