Plt Bupati Bogor Minta PHRI Rangkul Lebih Banyak Anggota Demi Majukan Pariwisata

Cisarua - Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyebutkan bahwa Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor harus merangkul lebih banyak anggota untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Bogor. Hal tersebut dikatakannya pada pelantikan pengurus Badan Pimpinan Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor tahun masa bakti 2022-2027, di Royal Safari Garden Hotel, Cisarua, Kamis (6/10).

Data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor per tahun 2022 di Kabupaten Bogor terdapat 24 hotel berbintang dan 195 hotel non bintang, belum termasuk guest house, wisma, villa, serta lebih dari 500 restoran. Dari jumlah tersebut, 142 akomodasi dan restoran tergabung dalam PHRI Kabupaten Bogor.

“Ini tantangan bagi BPC PHRI Kabupaten Bogor untuk merangkul lebih banyak anggota untuk bergerak bersama. PHRI jadi wadah, menjembatani aspirasi, kebutuhan, permasalahan yang ada di lingkup organisasi, serta menjadi motor penggerak pariwisata di Kabupaten Bogor,” kata Iwan.

Iwan mengungkapkan, kita harus tetap optimis dan melanjutkan upaya pemulihan ekonomi pariwisata melalui berbagai event dan PHRI juga harus mampu menjamin penerapan Cleanliness, Health, Safety, and Environment (CHSE) pada akomodasi penginapan atau perhotelan agar wisatawan aman dan terlindungi.

“Untuk itu, penerapan CHSE pada akomodasi penginapan/perhotelan menjadi sangat penting agar kita berdaya saing. Saya sudah perintahkan Disbudpar untuk meningkatkan biaya promosi daerah, serta meningkatkan pembinaan SDM perhotelan dan restoran yang profesional, terlatih dan tersertifikasi,” ungkap Iwan.

Juju Djunaedi terpilih menjadi Ketua BPC PHRI Kabupaten Bogor, atas hal tersebut Iwan Setiawan menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor saya ucapkan selamat kepada para pengurus BPC PHRI Kabupaten Bogor masa bakti 2022-2027, yang telah dilantik.

“Semoga mampu mengemban amanah membawa organisasi PHRI Kabupaten Bogor semakin besar, sukses, dan semakin berkontribusi untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Bogor,” ujar Iwan.

Ketua BPD PHRI Jawa Barat, Herman Muchtar mengucapkan terima kasih kepada Plt. Bupati Bogor yang sudah menyempatkan hadir pada acara ini. Menurutnya selama 20 tahun menjadi ketua BPD PHRI Jabar, baru kali ini kepala daerah hadir pada Muscab dan pengukuhan pengurus BPC PHRI. Maka sudah seharusnya, PHRI Kabupaten Bogor memberikan kontribusi positif untuk pengembangan pariwisata Kabupaten Bogor.

“Kepada pengurus baru yang terpenting adalah tingkatkan kebersamaan, kekompakan, tingkatkan kepercayaan anggota kepada kita. BPC PHRI Kabupaten Bogor harus bisa berkolaborasi dengan seluruh stakeholder. Berikan apa yang bisa kita berikan kepada Pemerintah Kabupaten Bogor, untuk memajukan pariwisata daerah,” tandas Herman.