Masyarakat Kabupaten Banjar Antusias Saksikan Pawai Ta’aruf MTQ Nasional

Martapura - Masyarakat Kabupaten Banjar antusias menyaksikan Pawai Ta’aruf yang dibuka Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dalam rangka penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-29 di depan Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Selasa (11/10) pagi.

Paman Birin, sapaan akrabnya, menyampaikan kegiatan Pawai Ta’aruf ini untuk memperkenalkan budaya dan kesenian Islam yang sangat beragam, dan yang lebih istimewanya keberagaman budaya seni Islam ini melantunkan pesan-pesan yang mengingatkan manusia pada kebaikan dan sesuai dengan fitrah kemanusiaannya.

”Mari kita bersama sama memeriahkan pawai ta’aruf ini dengan meningkatkan rasa kebersamaan dan persaudaraan serta menjadikan sebagai suasana yang mempersatukan harapan untuk menyukseskan penyelenggaraan MTQ Nasional ke-29 di Kalsel,” ucapnya.

Paman Birin berharap seluruh kafilah bisa saling mendukung kesusksesan MTQ.

"Masyarakat harus ikut serta memeriahkan dengan menjaga ketertiban dan keamanan di area kegiatan maupun di lingkungannya," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Syarifuddin mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memudahkan proses penyelenggaraan Pawai Ta’aruf dengan terciptanya nilai-nilai budaya dan keunggulan kearifan lokal masing-masing peserta se-Indonesia.

Syarifuddin yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kalsel menjelaskan, Pawai Ta’aruf ini diikuti oleh seluruh kafilah se-Nusantara dengan jumlah 27 mobil hias dari 34 provinsi se Indonesia ditambah 13 kabupaten/kota dan 13 organisasi masyarakat (ormas) Kalimantan Selatan.

Para kafilah dengan mobil hias ini menempuh sepanjang Jalan Ahmad Yani menuju bundaran Kota Banjarbaru dan kembali lagi ke halaman Kantor Bupati Banjar.