Meriahkan MTQ Nasional, Kalsel Expo Digelar Lima Hari

Martapura - Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI Eny Retno resmi membuka Kalsel Expo MTQ Nasional ke-29 Tahun 2022 di Alun-Aun Ratu Zalecha, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (12/10).

Eny Retno, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah berpartisipasi dan bersinergi dalam mensukseskan penyelenggaraan Kalsel Expo di MTQ Nasional.

“Dengan terselenggaranya kegiatan expo ini, semoga bisa menggerakkan dan meningkatkan perekonomian warga sekitar,“ harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Birhasani mengatakan, Kalsel menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke-29, dan salah satu kegiatannya diisi pameran Kalsel Expo 2022. Rencananya expo ini akan berlangsung selama lima hari, 12 – 16 Oktober mendatang mulai pukul 10.00-20.00 Wita.

“Tujuannya tidak sekadar memeriahkan perhelatan MTQ Nasional saja, tetapi lebih kepada upaya mendorong dan membangkitkan kembali kemajuan ekonomi Indonesia, khususnya Kalsel setelah meredanya pandemi COVID-19,” ucapnya.

Dikatakannya, ada 190 stand di Kalsel Expo ini, terdiri dari 122 indoor, 22 stand halal food dari pelaku UMKM serta 42 stand outdoor. Peserta terdiri dari jajaran UPD Kalsel, perwakilan berbagai Pemprov, jajaran Kementerian Agama, LPTQ, PKK, Dekranasda serta organisasi lainnya.

Hal yang menarik, lanjut Birhasani, di Kalsel Expo 2022 ini, adalah festival halal food sebanyak 180 produk UMKM yang sudah berlabel halal dan dibuktikan dengan sertifikat halal dari MUI dan Kementerian Agama.

Sedangkan, Ketua Dekranasda Kalimantan Selatan Raudatul Jannah Sahbirin Noor menambahkan, keberadaan pameran ini sekaligus menjadi sarana promosi bagi pelaku UMKM agar bisa lebih cepat bangkit dan pulih dari pandemi.