Sekdakab Bogor Pantau Layanan KB saat TMMD di Cigudeg

Cigudeg -Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin memantau kegiatan pelayanan KB di Kampung Cijambe, Desa Banyuasih, Kecamatan Cigudeg. Layanan KB tersebut bagian dari kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 tahun 2022 Kabupaten Bogor, Selasa (11/10).

Hadir pada kegiatan tersebut, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Wahidin, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Nurhayati, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Renaldi Yushab Fiansyah, dan Camat Cigudeg Pardi.

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Wahidin menjelaskan, BKKBN dan DP3AP2KB Kabupaten Bogor memanfaatkan momentum TMMD di Cigudeg ini dengan melaksanakan pelayanan KB pemasangan alat kontrasepsi pada akseptor berupa suntik, IUD (Intra-Uterine Device), implan dan pil.

“Saya bersama Pak Sekda dan Kepala DP3AP2KB Kabupaten Bogor memantau langsung jalannya pelayanan KB ini. Kepada akseptor kita berikan cinderamata untuk menambah motivasi mengikuti layanan KB ini,” terang Wahidin.

Harapannya, karena masih cukup banyak pasangan usia subur yang memiliki anak lebih dari dua. Maka harus dijadikan prioritas di wilayah ini agar diberikan pelayanan yang maksimal melalui momentum TMMD.

“Karena sepertinya akses ke Faskes cukup jauh, maka pelayanan KB mobile ini mudah-mudahan bisa membantu. Sampai kurun waktu 9 November nanti kami akan sisir dan petakan mana saja di wilayah ini yang diprioritaskan dengan metode kontrasepsi jangka panjang,” ujar Wahidin.

Sementara itu, Kepala DP3A2KB Nurhayati menambahkan, dalam kegiatan TMMD ini kita ingin ikut serta di dalamnya memberikan pelayanan KB kepada masyarakat.

“Alhamdulillah masyarakat antusias mengikuti layanan, kita memberikan layanan 120 KB suntik, kemudian ada juga 19 implan dan 3 IUD. Nanti disaat penutupan TMMD pun Insyaallah kita akan melaksanakan layanan serupa,” kata Nurhayati.

Nurhayati menuturkan, harapan kita dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Cigudeg khususnya di Desa Banyuasih menjadi keluarga yang sejahtera, keluarga yang bahagia lahir batin, sehat lahir batin dengan mengikuti program KB.