Bupati Kubu Raya Ajak Orangtua Masukkan Anak di PAUD

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan, kembali mengingatkan para orangtua untuk memasukkan anak-anaknya ke lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Muda mengatakan, PAUD punya peran penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar siap dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

“Jangan lupa kalau anak sudah masuk usianya, supaya dididik di PAUD. Supaya anak-anak kita terkawal semuanya. Sebab PAUD, Kelompok Belajar, maupun Taman Kanak-Kanak itu akan membuat anak-anak lebih percaya diri, punya inisiatif, dan keberanian sehingga mudah beradaptasi di sekolah nantinya ketika SD,” tutur Muda, di sela kegiatan pembagian bantuan 700 paket ikan segar siap konsumsi untuk pencegahan dan penanganan stunting di Kecamatan Teluk Pakedai, Selasa (11/10).

Muda menuturkan, pengalaman empiris membuktikan anak-anak yang telah melewati PAUD maupun TK jauh lebih cepat dalam menyesuaikan diri ketika memasuki jenjang pendidikan berikutnya.

“Dan akhirnya kita sebagai orangtua pun akan lebih tenang. Maka kita mengapresiasi semua PAUD, KB, TK, maupun RA atas eksistensinya selama ini,” ucapnya.

Bahkan mengingat pentingnya pendidikan anak usia dini tersebut, Muda mengungkapkan pihaknya telah mengeluarkan Peraturan Bupati tentang Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini Satu Tahun Pra Sekolah Dasar. Perbup tersebut dikeluarkan untuk memenuhi standar pelayanan minimal pendidikan bagi anak usia dini.

“Sekaligus untuk membantu meletakkan dasar pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta bagi anak usia dini sebelum memasuki pendidikan sekolah dasar,” tandasnya.