Ritual Adat Dafonsoro Utara Warnai Workshop Perempuan AMAN

Sentani - Perempuan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dari berbagai daerah yang ada seluruh Indonesia menggelar kegiatan yang bertemakan "Arena Pemenuhan dan Perlindungan Hak Kolektif Perempuan Adat Dalam Kebijakan di Indonesia", di Horex Hotel, Kamis (20/10).

Hajatan perempuan adat Nusantara ini diwarnai dengan atraksi ritual adat dari mama-mama asal Dafonsoro Utara. Ritual adat ini oleh pemandu menyebutkan nama Tietiki atau sasi plar yang mengkisahkan tentang larangan menagkap ikan atau pengumpulan segala jenis biota laut yang berada dalam kawasan terumbu karang atau ref sebagai sumber kekayaan masyarakat adat pesisir Tanah Merah.

“Tietiki atau sasi ini biasanya dilakukan dalam rangka menghormati seorang tokoh adat atau kepala suku atau ondoafi dan bisa juga dalam pesta dat seperti pengukuhan kepala suku. Kegiatan pelarangan dan pencabutan larangan ini biasanya dilakukan dalam jangka waktu enam bulan atau satu tahun. Proses pencabutan larangan ini hanya dapat dilakukan oleh seorang kepala keret atau marga pemilik kawasan tersebut yang identik dengan halam rumah mereka,” ujar pemandu, ketika menjelaskan arti ritual adat perempuan ini kepada peserta perempuan adat Nusantara yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Ketua Perempuan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Devy Anggrainy mengatakan, tari tarian seperti ritual adat yang dipentaskan ini merupakan sebuah kekayaan yang dimiliki perempuan adat di kampung yang terus dijaga dan dilestarikan sekaligus diwariskan kepada generasi penerus.

"Ini suatu momentum yang menurut kami bersejarah, baru saat ini kami bisa ada di Papua berkumpul secara lengkap dengan tujuh daerah berkumpul langsung dengan perempuan-perempuan adat di papua khususnya di wilayah adat Tabi dengan beragam keunikan dan keterampilan yang ada. Ini PR (pekerjaan rumah) yang sebenarnya sudah lama kami ingin ke Papua dan hari ini terjawab. Terima kasih kepada mama-mama dan kakak-kakak di papua khususnya di wilayah adat Tabi sebagai tuan rumah yang telah menerima kami,” ujarnya, dalam sambutan yang dihadiri langsung oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw.

Workshop, kata Devy, merupakan bengkel dimana membcarakan tentang perlindungan dan pemenuhan kepada perempuan adat teruama berbicara soal hak kolektif, karena hampir tidak pernah dibicarakan dalam berbagai ruang. Untuk itu hak perempuan adat menjadi penting karena perempuan adatlah yang memainkan peran dalam segala sektor pembangunan di wilayah kampung adat.

Penekanan lainnya juga dikatakan Kristino Sawa dari Samdhana Institut mengatakan bahwa perempuan adat sejatinya harus mengisi kedaulatan kampung-kampung adat dengan cara membangkitkan semangat kebersamaan dan kerja sama kolektif seluruh elemen perempuan adat di tanah air.

”Perempuan adat akan kuat jika selalu bekerja sama, jika kita bekerja sendirian kita tidak akan kuat. Dan sebagai perempuan adat di dunia ini, secara khususnya di Indonesia seperti dalam himne AMAN mengajak untuk bersatu itu artianya sesuatu yang akan kita tuju dan Indonesia ini tidak akan kuat tanpa adanya perempuan dan kerja sama, dan idak ada masa depan tanpa kita di dalamnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang hadir memenuhi undangan tersebut mengucapkan selamat datang kepada perempuan adat dari tujuh daerah yang hadir di wilayah adat Tabi.

“Saya berikan apresiasi karena ini pertemuan langka di Indonesia tapi juga di tanah papua, dimana perempuan-perempuan adat yang hebat ada di sana. Unik, kita datang dari berbagai latar belakang agama, budaya dan apapun untuk sebuah harapan dan perjuangan perempuan-perempuan adat,” cetusnya.

Dikatakannya, Papua dalam kewenangan otsus ini butuh peran perempuan adat untuk bagaimana mengisinya, juga d daerah lainnya dengan berbagai regulasi dan kebijakan-kebijakannya untuk peran perempuan adat membangun kampung atau daerahnya.

“Simbol kekuatan perempuan itu di Papua, bisa dilihat dalam prodak noken yang dirajut oleh perempuan hebat, ini ibarat kehidupan, segala sesuatu ada dalam noken, dia transparan kuat bisa isi barang di dalamnya. Noken semakin diisi semakin dia melebar, satu putus dia akan mempengaruhi semua. Ini gambaran motto dalam Perempuan AMAN untuk menjandi simbol persatuan dan kesatuan dari berbagai latar belakang apapun menuju kehidupan yang menjanjikan untuk masa depan yang akan datang,” imbuhnya.

Terkait dengan pengakuan wilayah adat di Kabupaten Jayapura, yakni kodefikasi 14 kampung adat yang sudah mendapatkan kodefikasi, juga sudah ada pemetaan wilayah adat, hutan adat yang sudah dipetakan, memberi kepastian ruang kelola yang memang harus diakui oleh negara.

“Pengakuan wilayah adat ini penting karena tidak bisa cerita saja, lama-lama cerita ini hilang dan bisa menjadi sumber konflik. Oleh karena itu harus didokumentasikan baik untuk generasi penerus. Kedepan ini harus dikelola dan diisi. Saya lihat yang bisa lebih banyak mengelolah itu adalah perempuan-perempuan adat kita,” pungkasnya.