"Sitampol" Ciptakan Masyarakat Taat Pajak dan Dorong Peningkatan Pajak Kabupaten Bogor

Cibinong - Pemerintah Kabupaten Bogor meluncurkan program Sigap dan Tanggap Satuan Polisi Pamong Praja (SITAMPOL). Hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan penegakan Peraturan Daerah (Perda) dan Perkada Trantibum guna meningkatkan pendapatan pajak daerah khususnya pajak reklame dan dapat menciptakan masyarakat sadar pajak, sehingga dapat mencegah kebocoran pajak.

Perlu diketahui, aplikasi SITAMPOL dibangun untuk mengelola database pelanggaran Perda/Perkada/trantibum dan pelanggaran pajak daerah serta didukung dengan satgas, sehingga berbagai pelanggaran dapat lebih cepat ditangani dan ditertibkan sesuai aturan.

Dalam aplikasi SITAMPOL ini juga menyediakan fitur untuk melihat progres penyelesaian/penanganan pelanggaran khususnya dalam hal pembayaran pajak yang terintegrasi dengan Sistem Pengaduan Satpol PP (Sipesat) yang sudah lebih dulu ada, sehingga dapat meningkatkan ketertiban masyarakat dalam pembayaran pajak reklame dan mendorong kenaikan penerimaan pajak daerah.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, saat peluncuran di Auditorium Setda, Jumat (21/10), berharap aplikasi SITAMPOL bisa digunakan dalam waktu dekat ini, untuk lebih optimal dalam penegakan Perda khususnya berkaitan dengan pajak reklame di Kabupaten Bogor, terlebih di era teknologi digital atau 4.0 seperti saat ini.

“Saya minta sistem ini bisa dilaksanakan di akhir tahun ini, saya nanti akan cek bagaimana cara kerjanya SITAMPOL ini. Terima kasih dan apresiasi atas inovasi yang dilakukan Kasatpol PP dan jajaran, semoga SITAMPOL memberikan banyak manfaat bagi semua,” ujar Iwan.

Selanjutnya, Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor Cecep Imam Nagarasid menuturkan SITAMPOL diluncurkan sebagai upaya dalam meningkatkan penegakan Perda dan Perkada yang berkaitan dengan sektor pajak, serta untuk meningkatkan pendapatan pajak daerah dan mengoptimalkan potensi pendapatan pajak reklame. Selain itu juga memaksimalkan peran dan fungsi Satpol PP Kabupaten Bogor.

“Selain meluncurkan aplikasi SITAMPOL, kami juga sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) SITAMPOL agar lebih optimal peran dan fungsinya. Semoga SITAMPOL ini memberikan manfaat yang baik bagi Pemerintah Kabupaten Bogor, masyarakat dan dapat mendorong meningkatkan pendapatan pajak daerah,” tandas Cecep.