52 Santri Nagari Sumpur Batipuh Selatan Ikuti Khatam Quran

Tanah Datar - Perayaan khatam Al Quran diiringi syukuran sudah menjadi tradisi bagi masyarakat, termasuk di Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan. Sebanyak 52 santri di Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, mengikuti khatam Al Quran di Jorong Seberang Air Taman, Rabu (8/7).

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, dalam sambutannya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas pelaksanaan khatam Al Quran tersebut yang tetap menerapkan protokol kesehatan di masa tatanan hidup baru yang produktif dan aman COVID-19.

"Khatam Quran sebagai kegiatan syiarnya agama Islam merupakan upaya meningkatkan kualitas bacaan, pemahaman, pengamalan dan penghayatan kitab suci dan ini juga termasuk dalam visi misi daerah," ujar Zuldafri.

Wabup juga menyebut upaya masyarakat ini turut membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan sumber daya manusia terutama di bidang pemahaman agama, adat dan budaya.

Wabup juga minta para orang tua agar selalu menanamkan minat baca Quran kepada anak-anak agar tidak terjerumus ke dalam perilaku negatif termasuk kecanduan gawai atau gadget.

Sementara itu, Wali Nagari Sumpur Ade Hendrico Dt. Sari Pado Ketek mengatakan, kegiatan khatam Quran ini sudah menjadi tradisi masyarakat Sumpur dan dilaksanakan satu kali dua tahun

"Perayaan khatam Quran ini sudah dinanti-nanti masyarakat. Sebelumnya akan dilaksanakan pada Maret lalu, namun akibat pandemi virus corona ditunda dan baru saat ini bisa terlaksana. Meski sudah diperbolehkan pemerintah, kita tetap ikuti imbauan dengan melaksanakan protokol kesehatan," ucapnya.

Disampaikan Ade, pelaksanaan khatam kali ini diikuti sebanyak 52 santri dari 5 TPA/TPSA di lima jorong se-Nagari Sumpur yang dipusatkan di Masjid Besar Nagari Sumpur dan pemerintah nagari juga mengalokasikan anggaran yang bersumber dari dana nagari sebesar Rp18 juta di samping bantuan donatur, perantau dan iuran para orang tua santri yang ikut khatam.

"Selain itu untuk guru-guru mengaji juga dianggarkan namun itu tidak mencukupi. Sebagai bentuk penghormatan, arak-arakan peserta khatam turut diiringi kaum ibu-ibu yang biasanya dari bako menjujung bakul berisi beras yang nantinya akan diserahkan kepada guru mengaji," ujar Ade.

Ade juga menyampaikan harapan kepada pemerintah daerah agar dapat memperhatikan kegiatan TPA/TPSA di Nagari Sumpur sehingga kegiatan membaca dan memahami ayat-ayat suci Alqur'an terus syiar.

Turut hadir Anggota DPRD Tanah Datar Kamrita, Camat Batipuh Selatan Herru Rachman, Forkopimca, tokoh masyarakat, bundo kanduang dan undangan lainnya.