720 Peserta dari Berbagai Provinsi Siap Ikuti KMAN VI di Tanah Tabi

Sentani - Sebanyak 720 orang kontingen AMAN dari berbagai provinsi di Nusantara telah tiba di Jayapura dan siap untuk mengikuti Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke- VI Tahun 2022 di wilayah Adat Tabi, Papua pada 24 - 30 Oktober 2022 mendatang. Hal itu disampaikan Ketua I Panitia Nasional KMAN VI Eustobio Rero Renggi.

"Jumlah peserta yang telah datang hari ini sekitar 398 orang, baik yang menggunakan pesawat maupun kapal laut. Kalau total keseluruhan yang sudah datang, termasuk Maluku, kemudian yang dari Jawa Barat dalam hal ini dari Banten Kidul dan juga dari Papua Barat kemarin itu sudah ada yang datang. Sampai saat ini sudah 720-an orang peserta yang telah datang," katanya ketika dikonfirmasi wartawan, di Puspenka, Hawaii, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (20/10).

Para peserta yang telah datang di Jayapura ini, Eustobio menjelaskan, panitia telah mencatat sekitar 700 lebih peserta telah tiba di Jayapura pada H-4 menjelang pembukaan KMAN VI tanggal 24 Oktober 2022 nanti.

"Total keseluruhan sejak kedatangan dari tanggal 17 Oktober 2022 lalu hingga hari ini. Jadi, ada kedatangan tanggal 17, ada tanggal 19 dan tanggal 20 di hari ini," terangnya.

Puncak kedatangan peserta setiap kontingen AMAN dari masing-masing provinsi itu diprediksi meningkat pada H-2 dan H-1 yaitu tanggal 22-23 Oktober 2022 jelang pembukaan pelaksanaan KMAN ke- VI pada tanggal 24 Oktober 2022 mendatang.

"Belum semua peserta KMAN VI datang, justru mobilitas tinggi itu kami perkirakan besok (hari ini) hingga esok lusa. Mulai tanggal 21, 22 dan 23 Oktober itu diprediksi dengan mobilitas tinggi, yang mana memang hampir sebagian besar itu seribuan lebih itu datang dari berbagai pelosok dengan menggunakan pesawat. Jadi, ini baru seperempatnya saja dari yang akan hadir ikut pelaksanaan KMAN," tukas pria yang juga Deputi Sekjen AMAN tersebut.