Dinkes OKU Catat 38 Kasus DBD Hingga Oktober 2022

OKU - Musim hujan rentan terjadi penyebaran demam berdarah. Di Kabupaten OKU tercatat 38 kasus DBD hingga bulan Oktober ini. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi perluasan penyakit DBD, Kabid P2P Dinkes OKU ingatkan masyarakat untuk menjaga lingkungan dan pola hidup sehat.

“Memasuki musim penghujan penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD) rentan terjadi. Di Baturaja OKU hingga Oktober ini tercatat sebanyak 38 kasus DBD,” jelas Kabid P2P Dinkes OKU, Andi Prapto, Kamis (20/10/2022).

Ia menjelaskan, DBD ini dominan dialami pasien anak. Beruntung tidak sampai menimbulkan kematian. Kasus ini mayoritas disebabkan masyarakat masih mengabaikan pentingnya menerapkan pola 3 m dalam dan mengabaikan genangan air.

“Di musim hujan ini saluran pembuangan air harus benar benar diperhatikan. Jangan sampai terjadi genangan yang dapat menimbulkan nyamuk aedes aegypti pembawa virus DBD,” ujarnya.

Sebagai langka antisipasi/penerapan fogging menjadi pilihan terakhir. Hal ini dikarenakan membutuhkan persiapan khusus sesuai standar prosedur agar tidak bahaya bagi kesehatan masyarakat.

Sumber : Diskominfo OKU