Wali Kota Denpasar Dampingi Menko Luhut Tinjau Proyek TPST Kertalangu

Denpasar - Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Gubernur Bali Wayan Koster mendampingi Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meninjau progres pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu, Rabu (26/10).

Hal ini guna memastikan pengerjaan proyek berjalan optimal serta sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Luhut, di sela peninjauan menjelaskan, dalam gelaran G20 mendatang, aspek penting yang patut ditunjukkan kepada para delegasi yakni kebersihan di Pulau Dewata sebagai tuan rumah. Karenanya, proyek pembangunan  Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu terus dioptimalikan bersama dua TPST lainya yakni TPST Tahura dan TPST Padang Sambian guna memastikan Bali bebas dari sampah.

"Meninjau dan mengevaluasi, sehingga progresnya berjalan optimal dan segara dapat dioperasikan, termasuk dalam mendukung G20 ini," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, jelang Presidensi G-20 yang sudah di depan mata, Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara, khususnya Bali dan Kota Denpasar akan semakin sibuk untuk mempersiapkan acara besar ini. Maka dari itu, pembangunan tiga TPST ini juga menjadi salah satu persiapan untuk menyambut KTT G20 dan menuntaskan permasalahan persampahan.

Lebih lanjut dijelaskannya, peninjauan ini bertujuan untuk menginventarisasi dan memberikan rekomendasi dalam mendukung percepatan progress pembangunan. Pihaknya juga menekankan kepada seluruh kontraktor agar bekerja secara optimal. Hal ini mengingat situasi dan kondisi cuaca yang kurang menentu. Sehingga menjadi tantangan tersendiri dalam pengerjaan proyek fisik.

"Selain itu, tadi Pak Menko Marves juga mengingatkan kepada kontraktor, baik pelaksana maupun pengawas agar bekerja secara optimal, dan sebisa mungkin agar dapat selesai lebih awal dari target yang ditetapkan, sehingga dapat segara dimanfaatkan sesuai fungsinya, terlebih proyek TPST yang diharapkan mampu mendukung optimalisasi penanganan persampahan di Kota Denpasar, termasuk juga dalam mensukseskan gelaran KTT G20 mendatang," ujarnya.

Pun demikiaan, lanjut Jaya Negara, untuk menindaklanjuti hasil dari kunjungan Menko Marves ini, Pemprov Bali dan Pemkot Denpasar termasuk Adhi Karya dan Bali CMPP akan menggelar rapat lanjutan. Hal ini guna menindaklanjuti evaluasi dalam rangka optimalisasi operasional TPST. Sehingga nantinya bisa bermanfaat secara maksimal dalam penanganan sampah di Kota Denpasar yang berkelanjutan.

"Jadi tadi sesuai arahan pak Menko Marvest bahwa Bali, khususnya Kota Denpasar ini diharapkan sesegara mungkin dapat tuntas masalah persampahanya, sehingga kami di lapangan akan menindaklanjuti dengan menggelar rapat kordinasi untuk optimalisasi dan menyelesaikan kendala kendala yang ada," tandasnya.

Tampak hadir, Kadis DLHK Kota Denpasar IB Putra Wirabawa, Kabag Adbang Setda Kota Denpasar I Gede Cipta Sudewa Atmaja, Kabag Prokopim Setda Kota Denpasar I Dewa Gede Rai, serta perwakilan PLN, Adhi Karya dan Bali CMPP.