Wali Kota Dumai Hadiri Pelantikan Panwascam untuk Pemilu Serentak 2024

Dumai - Wali Kota Dumai Paisal menghadiri acara Pelantikan dan Pembekalan Panitia Pengawas/Kecamatan (Panwascam) se-Kota Dumai pada Pemilu serentak 2024, di Ballroom Hotel Grand Zuri, Sabtu (29/10).

Sebanyak 21 orang Panwascam se-Dumai dilantik langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Dumai Zulfan.

Pelantikan ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Ketua Bawaslu Kota Dumai tentang Penetapan Anggota Panita Pengawas Pemilu Kecamatan Bukit Kapur, Kecamatan Dumai Barat, Kecamatan Dumai Kota, Kecamatan Dumai Selatan, Kecamatan Dumai Timur, Kecamatan Medang Kampai, dan Kecamatan Sungai Sembilan oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Dumai, Idris Sardi.

Kegiatan ini lanjutkan dengan pembacaan naskah pelantikan oleh Ketua Bawaslu Kota Dumai, pengambilan sumpah, ikrar Anggota Panwascam, serta penandatanganan berita acara sumpah janji jabatan Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Dumai pada Pemilu serentak tahun 2024.

Dalam sambutannya, Wali Kota Dumai Paisal mengucapkan selamat atas dilantiknya seluruh anggota Panwascam yang telah terpilih untuk nantinya berkhidmat pada pemilihan umum tahun 2024.

Menurutnya, pelantikan ini suatu tahapan penting dalam menghadapi perhelatan politik di negara Indonesia. Peran Panwascam dalam proses demokrasi ditingkat kecamatan penting dan strategis, karena Panwascam dalam pemilu berfungsi sebagai lembaga yang memastikan penyelenggaraan Pemilu berjalan sesuai konstitusi, memperhatikan asas langsung aman, bebas, rahasia, jujur dan adil.

"Anggota Panwascam yang dilantik ini adalah orang–orang yang terpilih dari sekian orang yang mendaftar dan lolos dari tahapan seleksi sebelumnya. Sebagai orang–orang terpilih, kami berharap anggota Panwascam nantinya bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional," tuturnya.

Karena nantinya para Panwascam mengemban tugas berat dan mulia, Paisal berpesan kepada anggota pengawas yang dilantik untuk bekerja menjalankan tugasnya secara profesional sesuai tupoksinya.

"Jangan melanggar aturan, berlakulah secara adil, tidak memihak kepada partai atau calon manapun dan yang paling utama kami berpesan tetap jaga kondusifitas di Kota Dumai," pungkasnya.

Di sisi lain,Ketua Bawaslu Dumai Zulfan mengungkapkan bahwa ke 21 Anggota Panwascam yang dilantik ini, sebelumnya telah melalui berbagai tahapan seleksi.

"Dari 148 orang yang mendaftar dan melalui tahapan seleksi, 21 orang dinyatakan lulus Anggota Panwascam Pemilu serentak Tahun 2024 nanti," katanya.

Dirinya turut mengucapkan selamat kepada semua Anggota Panwaslu Kecamatan se Kota Dumai yang telah dilantik.

"Semoga dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya dan menghasilkan pemilihan umum serentak tahun 2024 yang sesuai dengan harapan kita semua. Integritas dan etika harga mati agar terciptanya netralitas pada penyelenggara Pemilu khususnya pengawas Pemilu," pungkasnya

Lebih lanjut, Zulfan menyampaikan, seletah dilantik, seluruh Anggota Panwascam akan mendapatkan pembekalan dan pengarahan agar semua anggota pengawas memahami tanggung jawab, tugas, dan kewenangan dalam menjalankan kewajiban sebagai pengawas Pemilu di kecamatan.

Turut hadir pimpinan DPRD Kota Dumai atau yang mewakili, unsur Forkopimda Kota Dumai, kepala OPD dilingkup Pemko Dumai, Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Ketua KPU Kota Dumai, Komisioner dan jajaran Bawaslu Dumai, serta hadirin tamu undangan.