Gelar Lomba Mancing, Bupati Kubu Raya Ajak Warga Jaga Lingkungan

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menggelar Lomba Memancing Udang Menanjak, di Sungai Berembang, Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap, Minggu (30/10) siang.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, dalam sambutannya mengajak para pemancing untuk turut aktif menjaga lingkungan.

“Menjaga sungai, parit, sekaligus lingkungan, inilah yang kita butuhkan. Komunitas pemancing yang semakin massif di daerah pesisir diharapkan ikut mengawal dan mengedukasi masyarakat supaya ikut menjaga dari perilaku buruk yang menyebabkan kerusakan lingkungan termasuk habitat-habitat yang harus dijaga,” kata Muda.

Menjaga lingkungan, kata Muda, terkait erat dengan upaya menjaga ketahanan daerah dan sumber pangan. Jika sungai dijaga, makanya isinya akan lestari dan memberikan manfaat bagi manusia. Terlebih di Kubu Raya yang merupakan daerah pesisir dan memiliki sungai yang luas dan panjang.

“Kita bersyukur tiada habisnya karena potensi yang berasal dari sungai isinya tidak akan bisa habis kalau memang selalu dijaga,” ucapnya.

Lebih jauh Muda menyatakan, pemerintah daerah akan membuat regulasi terkait upaya pelestarian lingkungan hidup khususnya untuk melindungi habitat yang ada di pesisir dan sungai.

“Kita berusaha untuk ke depan ada regulasi yang kita perkuat dan diarahkan ke peraturan daerah untuk larangan meracun, menyetrum, dan mengebom yang sifatnya membahayakan bagi habitat yang ada di pesisir dan sungai,” terangnya.

Jika aturan tersebut sudah ada, lanjutnya, maka aparat terkait akan lebih mudah mengambil tindakan untuk upaya pelestarian lingkungan.

Berkaitan dengan hal itu, Muda mengajak seluruh komunitas memancing untuk ikut berpatisipasi dengan cara membuat usulan ke pemerintah kabupaten agar bisa menjadi dasar pembuatan regulasi.

“Peraturan bupatinya sudah ada. Cuma memang peraturan bupati ini lemah posisinya karena daya ikatnya tidak sampai kepada hal-hal yang menyangkut kepada penegakan aturan. Draf bisa melihat di perbup dan tinggal ditingkatkan menjadi peraturan daerah. Jadi, kalau sudah peraturan daerah, semua pihak terkait kita menegakkan dengan jauh lebih efektif dan mengikat sampai ke tingkat rumah tangga,” paparnya.

Kepala Disporapar Kabupaten Kubu Raya, Rini Kurnia Solihat mengapresiasi kelompok pemuda di Sungai Rengas yang telah sukses menggelar lomba memancing udang di Sungai Berembang selama dua tahun berturut-turut.

“Tentunya melihat antusiasme peserta yang mencapai 203 orang, mudah-mudahan lomba memancing di Sungai Berembang ini akan kita jadikan ajang tahunan di Kabupaten Kubu Raya, tentunya dengan dukungan masyarakat,” tuturnya.

Senada dengan Muda Mahendrawan, Rini mengatakan lomba memancing bukan sekadar wadah rekreasi menyalurkan hobi. Lebih dari itu, kata dia, lomba memancing diharapkan membangun kesadaran warga untuk juga bersemangat dalam melindungi ekosistem sungai.

“Harapan kami seperti itu. Karena kalau kita tidak melindungi sungai ini, nanti udang dan ikannya bisa habis,” ujarnya.

Seiring tingginya animo warga mengikuti lomba mancing, Rini berharap setinggi itu pula semangat masyarakat untuk melindungi sungai.

“Kita menjaganya dari pencemaran, menjaga dari langkah-langkah pemancingan yang bisa merusak ekosistem sungai,” ajaknya.

Pada kesempatan itu selain menyerahkan hadiah untuk para pemenang, Muda Mahendrawan juga melakukan pelepasan indukan udang ke Sungai Berembang.

Turut hadir pada kegiatan penutupan, Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, Agus Sudarmansyah dan Komandan Kodim 1207/Pontianak, Hendra Roza.