Kabupaten Cirebon Terbaik Kedua Penyelenggara Tata Kelola Data Terbaik se-Jawa Barat

Cirebon - Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Komunikasi dan Informatika meraih Juara 2 Penyelenggara Tata Kelola Data Terbaik Kabupaten dan Kota pada ajang Satu Data Jabar Awards Tahun 2022.

Penghargaan tersebut diterima langsung Kadiskominfo Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan, pada Acara Puncak Satu Data Jabar Awards di Hotel Aston Bandung, Jum’at malam (28/10).

Untuk diketahui, Satu Data Jabar Awards merupakan sebuah gelaran penghargaan pertama yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Ajang ini dimaksudkan untuk memotivasi dan meningkatkan semangat penyelenggaraan Satu Data Indonesia Perangkat Daerah, Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat.

Selain itu juga, untuk memberikan ruang kolaborasi bagi masyarakat untuk berkontribusi dalam perencanaan pembangunan di Provinsi Jawa Barat dalam rangka mengevaluasi penyelenggaraan Satu Data Indonesia di lingkungan Pemerintahan Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

Juga sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja penyelenggaraan Satu Data Indonesia bagi Perangkat Daerah, Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat, serta masyarakat pada umumnya dalam upaya mewujudkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan.

Ada beberapa kategori yang dilombakan meliputi Kategori Penyelenggara Tata Kelola Data Terbaik Kabupaten dan Kota serta Kategori Lainnya, Kategori Penyelenggara Tata Kelola Data Terbaik Perangkat Daerah dan Kategori Datathon-Jabar Georestart (Geospatial, Remote Sensing, and Statistics Research Competition).

Total peserta Kategori Penyelenggara Tata Kelola Data Terbaik Kabupaten dan Kota sebanyak 23 Kabupaten dan Kota, Kategori Penyelenggara Tata Kelola Data Terbaik Perangkat Daerah sebanyak 26 Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kategori Datathon-Jabar Georestart sebanyak 96 tim terdiri dari perangkat daerah, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Sementara itu, Bupati Cirebon Imron menyambut baik penghargaan yang diraih Diskominfo kali ini. Menurutnya, penghargaan ini sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam merapikan data yang dimiliki.

"Saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada Diskominfo. Semoga penghargaan ini bisa menjadi semangat tambahan dalam merealisasikan program Satu Data di Kabupaten Cirebon," pungkasnya.