Pringsewu Raih Penghargaan "Respon Rate" SPO 2020 Tertinggi se-Lampung

Pringsewu - Bupati Pringsewu Sujadi menerima piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS). Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi BPS atas kerjasamanya dalam mensuseskan Sensus Penduduk Online Tahun 2020 dengan capaian "respon rate" tertinggi se-Provinsi Lampung.

Bupati Sujadi menerima piagam penghargaan tersebut dari Kepala BPS Kabupaten Pringsewu Edi Prayitno, pada acara Apresiasi Pencapaian Sensus Penduduk Online 2020, sekaligus Sosialisasi Sensus Penduduk Lanjutan di Aula Utama Kantor Pemkab Pringsewu, Kamis (9/7).

Selain bupati, piagam penghargaan juga diberikan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pringsewu atas kerjasamanya dalam mensosialisasikan pelaksanaan Sensus Penduduk Online teraktif ke media massa, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk ke seluruh jajaran.

Kemudian untuk kategori Kecamatan Terbaik, diberikan kepada Kecamatan Sukoharjo (Terbaik I),

Banyumas (Terbaik II), dan Adiluwih (Terbaik III). Selanjutnya, kategori Pekon Terbaik, masing-masing diberikan kepada Pekon Sriwungu Kecamatan Banyumas (Terbaik I), Pekon Ganjaran Kecamatan Pagelaran (Terbaik II), dan Pekon Banjarejo Kecamatan Banyumas (Terbaik III). Piagam penghargaan BPS juga diberikan kepada sejumlah penerima lainnya untuk berbagai kategori, diantaranya Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka) Sukoharjo, Banyumas dan Adiluwih.

Bupati Sujadi mengatakan, data kependudukan merupakan kunci suksesnya suatu program pemerintah daerah.

"Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Pringsewu dalam menyusun suatu program selalu menekankan prinsip 100-0-100, yakni 100 persen benar dalam perencanaan, 0% tingkat kesalahan dan 100% benar dalam pelaporan dan pertanggungjawaban," ujarnya.

Ditambah Sujadi, saat ini adalah masa pandemi COVID-19, dimana terjadi pengalihan anggaran yang juga tidak terlepas dari sebuah data, baik pemberian bantuan dan lainnya.