Sambut G20, Pemkot Denpasar dan TNI Bersihkan Sampah di Kawasan Tahura Mangrove

Denpasar - Dalam rangka persiapan menyambut KTT G20, Sekretaris Kota Denpasar IB. Alit Wiradana bersama Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto meninjau kegiatan pembersihan sampah di kawasan Tahura Mangrove Ngurah Rai, Kota Denpasar, Minggu (6/11).

Kegiatan yang melibatkan ratusan personel TNI dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Denpasar, serta Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida, bekerja sama membersihkan sampah di area yang meliputi pintu masuk Tahura Mangrove hingga pada wilayah Estuari DAM.

Aster Kodam IX/Udayana Kolonel Inf. Puji Hartono selaku koordinator kegiatan menyampaikan, pihaknya mengerahkan sedikitnya 4 perahu LCR, dan 10 kano untuk memungut sampah di area estuari dam secara manual, dan di bantu oleh 1 kapal pembersih sampah.

"Mulai hari ini hingga pelaksanaan G20 nanti, kami mensiagakan anggota TNI AD untuk membantu disini, karena apabila terjadi hujan dan pintu air dibuka akan kembali lagi membawa sampah masuk ke estuari dam sehingga perlu pembersihan secara berkala," ujar Kolonel Inf Puji Hartono.

Sementara itu, Sekda IB. Alit Wiradana yang tampak didampingi oleh Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, IB. Mayun Suryawangsa mengatakan, Pemkot Denpasar akan menyiagakan truk pengangkut sampah untuk stand by di lokasi hingga pelaksanaan G20 untuk mempercepat proses pemindahan dan pengangkutan sampah yang telah dikumpulkan.

"Setelah ini kami Pemerintah Kota Denpasar akan berkoordinasi pula dengan kelompok nelayan, dengan harapan bisa turut bersama menjaga dan membantu anggota yang bertugas untuk menjaga kebersihan wilayah Tahura Mangrove, khususnya untuk sekitaran danau atau estuari dam," pungkas Sekda IB. Alit Wiradana.