Ziarahi Makam KH Noer Ali, Pj Bupati Bekasi Minta Generasi Muda Teladani Perjuangan Pahlawan

Babelan – Menjelang Hari Pahlawan yang diperingati pada 10 November, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan bersama dengan unsur Forkopimda melakukan ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan Nasional.

Tabur bunga tersebut dilakukan di Makam Pahlawan Nasional KH Noer Ali di komplek pemakaman keluarga Asrama Putri Pondok Pesantren At-Taqwa, Kampung Ujung Harapan Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan, Selasa (8/11).

Dani Ramdan berharap generasi muda dapat meneladani jasa pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Indonesia, di antaranya dengan cara mengenal dan mengenang para pahlawan.

“Hal itu tentu jika generasi bertambah maka pengetahuannya juga perlu diwariskan dengan cara memperingari hari pahlawan,” ungkap Dani.

Selain itu, Dani Ramdan menambahkan, di Kabupaten Bekasi ini banyak sekali tokoh-tokoh pendahulu yang ikut dalam berjuang untuk kemerdekaan dan pembangunan Kabupaten Bekasi, khususnya untuk kemajuan Indondesia.

Apalagi, saat ini Pemerintah Kabupaten Bekasi tengah memperjuangkan KH Makmun Nawawi sebagai Pahlawan Nasional.

“Mudah-mudahan upaya kita bisa mendapatkan hasil dalam waktu yang cepat. Karena sebelumnya Kabupaten Bekasi sudah ada salah satu tokoh pahlawan nasional yang sudah di akui yaitu KH Noer Ali,” tambah Dani Ramdan.

Sementar itu, di tempat yang sama Kepala Dinas Sosial Endin Samsudin mengatakan, pihaknya sudah membentuk Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) untuk mencari informasi-informasi baik secara tulisan maupun secara administrasi mengenai penetapan salah satu tokoh pahlawan yang ada di Kabupaten Bekasi diakui sebagai pahlawan nasional.

“Kita sudah ada tim TP2GD yang nantinya akan membagi tugas melakukan perjalanan ke Cianjur untuk menemukan bukti-bukti bahwa perjuangan KH. Makmun Nawawi dalam membela Hisbullah khususnya memperjuangkan kemesraan Indonesia,” kata Endin.

Endin juga mengungkapkan, sudah ada beberapa monumen untuk KH Makmun Nawawi yang akan diabadikan, salah satunya ruang rapat bupati yang sudah secara resmi mengganti nama menjadi Raden Makmun Nawawi.

“Berdasarkan peraturan Gubernur bahwa nama jalan yang dulunya Cikarang Cibarusah, akan diganti menjadi jalan Raya KH. Makmun Nawawi hal itu sudah tercantum dalam Pergub,”  ungkapnya.

Dia juga berharap usulan ini diharapkan bisa terwujud di tahun 2023, karena dengan adanya dua pahlawan nasional di Kabupaten Bekasi ini bisa menjadi kebangga seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi.