Tingkatkan Kualitas SDM, 100 Pedagang Pasar Tegal Harum Ikuti Sekolah Pasar Rakyat

Denpasar - Sebanyak 100 pedagang Pasar Tegal Harum, Kecamatan Denpasar Barat mengikuti Sekolah Pasar Rakyat yang digelar Disperindag Kota Denpasar di Kantor Perbekel Desa Tegal Harum, Rabu (9/11), dan akan berlangsung hingga Kamis (10/11).

Kegiatan yang dibuka Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Denpasar, AA Gde Risnawan ini merupakan wahana edukasi sebagai upaya peningkatan kualitas SDM pasar. Hal ini juga merupakan persiapan sebelum kembalinya para pedagang ke Pasar Tegal Harum pascarevitalisasi.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Denpasar AA Gde Risnawan, didampingi Kadis Perindag Kota Denpasar Nyoman Sri Utari menjelaskan, Sekolah Pasar Rakyat merupakan wahana belajar bersama, bertukar pikiran serta tempat persamaan gagasan inovasi dan pemajuan pasar rakyat ke depan, sehingga nantinya mampu memberikan pengembangan ilmu pengetahuan baik dari segi pengelolaan maupun pemanfaatan pasar serta prilaku pedagang itu sendiri.

Lebih lanjut dijelaskannya, pembangunan fisik Pasar Tegal Harum hendaknya dibarengi dengan pembangunan SDM, sehingga secara berkelanjutan dapat menjaga kualitas mutu pasar guna menciptakan pasar yang sehat, segar dan terpercaya.

"Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan edukasi kepada pedagang dan pengelola Pasar Rakyat khususnya Pasar Tegal Harum Kota Denpasar terkait pedagang yang jujur dan ramah, lingkungan pasar yang aman, nyaman dan bersih, produk yang diperjualbelikan layak/segar dan produk yang diperdagangkan higienis," jelasnya

Dengan dilaksanakannya sekolah Pasar Rakyat Pasar Tegal Harum ini, pihaknya berharap pengelola dan pedagang pasar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan dan konsumen yang berbelanja ke pasar rakyat. Tak hanya itu, Pasar Tegal Harum nantinya siap menuju SNI Pasar Rakyat. Hal ini lantaran karena pasar rakyat yang mendapatkan bantuan Dana Tugas Pembantuan (TP) akan diusulkan untuk melaksanakan SNI 8152 : 2021 Pasar Rakyat oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

"Harapan kami ke depan jika pembangunan tuntas, seluruh stakeholder pasar baik pengelola dan pedagang dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan optimal bagi pembeli, sehingga mampu mewujudkan Pasar Tegal Harum sebagai pasar yang sehat, segar dan terpercaya," ujarnya

Sementara itu, Perbekel Desa Tegal Harum, Komang Adi Widiantara mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan Sekolah Pasar Rakyat ini. Dimana, hal ini diharapkan mampu memberikan pembelajaran serta pelatihan bagi pedagang pasar dalam mendukung optimalisasi pelayanan. Sehingga secara berkelanjutan kualitas Pasar Tegal Harum terus meningkat dan tumbuh sebagai pasar yang profesional.

"Kami mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan Sekolah Pasar Rakyat ini, semoga dengan kegiatan ini dapat mendukung terciptanya Pasar Tegal Harum yang profesional dan mendukung kemajuan pasar yang berkelanjutan," ungkapnya.