Diskominfostandi Finalisasi Data Statistik Sektoral Kabupaten Pulang Pisau

Pulang Pisau - Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostandi) Kabupaten Pulang Pisau melalui Bidang Statistik dan Persandian melaksanakan Finalisasi Data Statistik Sektoral Tahun 2021, di Aula Dinas Perkimtan Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (9/11).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Kominfostandi Kabupaten Pulang Pisau Moh. Insyafi, didampingi oleh Sekretaris Dinas Kominfostandi Lisa Navtratilova, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Kabupaten Pulang Pisau Yetie Aprita, beberapa Kepala Bidang Diskominfostandi, serta dihadiri seluruh operator data sektoral SOPD lingkup Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau.

Statistik Sektoral didefenisikan sebagai statistik yang pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas - tugas pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan. Statistik sektoral bertujuan untuk meningkatkan keakuratan data sektoral Perangkat Daerah selaku produsen data, dan mensinergikan komponen – komponen data sektoral setiap tahun dalam rangka mendukung pembangunan daerah.

Kadis Kominfostandi Kabupaten Pulang Pisau Moh. Insyafi, dalam sambutannya mengatakan, data statistik sektoral mempunyai peran penting dalam suatu pembangunan.

“Bekerja berdasarkan data merupakan tugas yang harus dilakukan agar ke depan bisa semakin banyak kemanfaatan yang diperoleh, karena baik tidaknya sebuah data sangat berpengaruh bagi berbagai program pembangunan yang ada di masyarakat,” ucap Insyafi

Kadis Kominfostandi juga berharap adanya kerjasama yang yang solid antara produsen data dan wali data sehingga nantinya data sektoral dapat menjadi akurat dan akuntabel.

“Harapannya dengan adanya kerjasama yang solid antara SOPD sebagai produsen data dan Diskomifostandi sebagai wali data untuk menyamakan persepsi, sehingga nantinya akan menghasilkan data sektoral yang akurat dan akuntabel,” tandas.