Di HKN ke-58, Pj Bupati Muara Enim Sampaikan Terima Kasih ke Nakes

Muara Enim - Pj Bupati Muara Enim Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan (nakes) khususnya di Kabupaten Muara Enim, baik dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan maupun atas pengabdian dan dedikasinya sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi COVID-19, serta selamat memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58.

Hal tersebut diucapkan langsung oleh Pj Bupati Muara Enim Kurniawan, saat menyampaikan sambutan dalam acara puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Kota Muara Enim, Rabu (16/11).

Kemudian, Pj Bupati Kurniawan yang hadir bersama Ketua TP PKK Nurmala Sari mengingatkan kepada seluruh Nakes agar penyelenggaraan peringatan Hari Kesehatan Nasional ini tidak hanya sekadar seremoni belaka, melainkan dimaknai sebagai bentuk perhatian besar, kesadaran dan kebulatan tekad dalam mewujudkan pemenuhan hak dasar masyarakat untuk hidup sehat dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, adil dan merata, termasuk di Muara Enim.

Untuk itu, sambung Pj Bupati Kurniawan, melalui peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 dengan mengusung tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”, ia mengajak untuk menjadikan sebagai momentum penyatuan tekad dan semangat untuk memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia, sekaligus sebagai pengingat untuk mengedukasi dan menumbuhkan partisipasi masyarakat agar berperan aktif dalam upaya kesehatan, khususnya menguatkan keoptimisan masyarakat untuk bangkit pascapandemi COVID-19.

Lebih lanjut, Pj Bupati Kurniawan berharap kepada para insan kesehatan agar terus berperan aktif mendorong gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, mendorong masyarakat untuk rutin memeriksakan kesehatannya, dan mengembangkan diri maupun kompetensi agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim Eni Zatila berharap agar seluruh nakes dapat bekerja lebih maksimal, lebih prima, dan lebih kompak, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat karena itulah ukuran sesungguhnya.

Tak ketinggalan, dalam momen Hari Kesehatan Nasional ke-58 ini, salah satu nakes dari Puskesmas Muara Belida Fadly (24), seorang asisten apoteker berharap agar masyarakat dapat lebih sadar akan arti kesehatan.

"Sehat itu dimulai dari masyarakat, artinya masyarakat itu harus lebih sadar lagi tentang arti kesehatan, karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Apalagi saat ini masih dalam masa pandemi walau sudah agak mereda," ucapnya.

Disamping itu, dirinya juga mengharapkan kepada seluruh Nakes di Kabupaten Muara Enim agar dapat lebih solid lagi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pelayan kesehatan masyarakat sehingga dapat berujung pada perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan nakes.

Di sela acara, Pj Bupati Muara Enim Kurniawan menerima penyerahan bantuan jamban dari Baznas Kabupaten Muara Enim yang dipersembahkan untuk seluruh masyarakat miskin di Kabupaten Muara Enim.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim, perwakilan BUMN/D/S dalam Wilayah Kabupaten Muara Enim, Tokoh Masyarakat, dan Nakes se-Kabupaten Muara Enim.