Nagari Pangian Terbaik Penyelenggaraan Satu Nagari Satu Event Tanah Datar

Batusangkar - Festival Pesona Budaya Pangian yang diselenggarakan Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, ditetapkan menjadi event terbaik dalam penyelenggaraan program unggulan satu nagari satu event di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, tahun 2022.

Hal itu diumumkan saat pembukaan Festival Pesona Minangkabau 2022 yang dilaksanakan di halaman Istano Basa Pagaruyung, Kamis (17/11).

Sedangkan peringkat 2 diraih oleh Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto, dan peringkat 3 Nagari Pariangan Kecamatan Pariangan.

Nagari Pangian menjadi yang terbaik setelah dewan juri yang terdiri dari Erison J Kambari (fotografer), M Isa Gautama (UNP) dan Taufik Hidayat (ISI Padang Panjang) memberikan total nilai 2.720, sedangkan Pandai Sikek meraih nilai 2.474, dan Pariangan 2.462.

Salah seorang juri, Erison Kambari menyampaikan, ada beberapa indikator penilaian, mulai dari keterlibatan masyarakat, dukungan nagari, tertib waktu pelaksanaan, kebersihan di lokasi event, konsep acara dan lain-lain.

"Nagari Pangian itu penyelenggaraan sesuai dengan rundown, lokasi acaranya aksesnya bagus, ada toiletnya, bersih, keterlibatan dan animo masyarakatnya sangat tinggi. Konsep acaranya juga kuat," jelas pria yang akrab disapa EJK tersebut.

Juri lainnya, Taufik Hidayat menambahkan, keunggulan Nagari Pangian adalah keterlibatan masyarakat yang cukup tinggi, dan dukungan dari semua unsur nagari dan kecamatan membuat acara ini berjalan dengan sukses.

"Selain itu Pangian juga gencar mempromosikan event mereka di sosial media. Tak hanya itu, jika dipandang dari sisi Pariwisata 3A, Akses untuk ke lokasi Event sangat baik, atraksi yang disuguhkan beragam dan menarik, kemudian amenitas sarana prasarana pendukung event sangat lengkap, mulai dari parkiran, toilet, dan tempat sampah," papar dosen pariwisata ISI Padang Panjang ini.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Pesona Pangian, Amuri Solaia mengatakan, ini adalah buah kerja keras seluruh elemen masyarakat Nagari Pangian.