Bupati Kubu Raya Resmikan Lumbung Pangan Gapoktan Sido Makmur Olak-Olak

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan didampingi Ketua TP PKK Rosalina meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat Gapoktan Sido Makmur, Desa Olak-Olak Kubu, Kecamatan Kubu yang digelar pada Selasa (22/11).

Di Desa Olak-Olak Kubu terdapat 19 kelompok tani dengan jumlah petani mencapai 605 petani.

Bupati Muda menekankan kepada para masyarakat untuk terus membangun semangat secara masif dalam menanam padi terutama bagi anak muda. Ia juga mengatakan, wilayah Kabupaten Kubu Raya yang begitu luas selaras dengan Kabupaten Kubu Raya yang menjadi sektor pangan terbesar di Kalimantan Barat. Namun hal itu tentu menjadi tantangan bagi Pemerintah Kabupaten dan petani untuk terus meningkatkan sektor pangan guna menciptakan Kubu Raya berbasis pangan mandiri.

"Ini kan wilayah kita sangat luas, jadi kita harus bisa menciptakan mandiri pangan di Kubu Raya. Tadi disampaikan bahwa masih banyak lahan tidur, tidak ada lahan tidur, yang ada manusianya yang belom sadar dan ini harus kita beri pemahaman secara masif agar saling bergerak," ujar Bupati Muda.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kubu Raya Heri Supriyanto mengatakan di tahun 2022 terdapat tiga lumbung pangan yang didirikan lewat DAK Fisik, yakni gapoktan Kampung Baru Desa, Sungai Rengas, Gapoktan Solo Berseri Desa Parit Keladi, dan Gapoktan Sido Makmur Desa Olak-Olak Kubu.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman padi dan peninjauan lokasi sekaligus mengoperasikan alat RMU (Rice Milling Unit) dan bed dryer. Adapun RMU ialah alat penggilingan padi dari gabah menjadi beras dan bed dryer guna mengeringkan hasil pertanian secara cepat.