Pemkab Cirebon Raih WTP Tujuh Tahun Berturut-turut

Kabupaten Cirebon - Pemerintah Kabupaten Cirebon kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021. Dengan demikian, Pemkab Cirebon berhasil mempertahankan Opini WTP selama tujuh tahun berturut-turut sejak tahun 2015.

Penyerahan dilakukan oleh Plt Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Jawa Barat, Abdul Rahman kepada Bupati Cirebon Imron, di Pendopo Bupati Cirebon, Jumat (25/11).

Kepala Kantor Perbendaharaan Negara (KPPN) Cirebon Lili Hamiliyah dan juga Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Hilmy Rivai, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Cirebon ikut menyaksikan proses penyerahan tersebut.

Dalam sambutannya, Imron mengaku opini WTP ini bukanlah suatu hal yang mudah didapatkan. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dilaksanakan, sehingga membuahkan opini WTP tersebut.

"Pemberian opini atas kewajaran laporan keuangan dilakukan berdasarkan pada kesesuaian dengan SAP, pengungkapan yang cukup, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern," tegasnya.

Oleh karena itu, Imron berterima kasih kepada semua pihak, khususnya perangkat daerah Kabupaten Cirebon yang telah bersama-sama mewujudkan opini WTP tersebut. Tanpa kerja sama dan komunikasi yang baik, Imron mengatakan WTP akan sulit diraih.

"Atas nama pribadi dan bupati, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tak terhingga kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Cirebon atas kinerja yang baik. Berkat kinerja konsisten, kerjasama yang baik seluruh perangkat daerah dan ketepatan waktu dalam penyusunan laporan keuangan yang obyektif, wajar dan akuntabel, serta transparan, kita kembali meraih opini WTP ini," tambahnya.

Diakhir, Imron berharap opini WTP kali ini bukan yang terakhir diraih. "Semoga dengan ini kita selalu berusaha untuk meningkatkan pengelolaan keuangan daerah yang lebih akuntabel dan bermanfaat bagi masyarakat. Kita juga harus bisa mengikuti perubahan yang terjadi, yang berarti dibutuhkan integritas dan komitmen untuk terus berlaku bersih dan jujur dalam pengelolaan keuangan daerah," tutupnya.

Sementara itu, Plt Kepala Kanwil DJPb Jawa Barat, Abdul Rahman mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon yang telah meraih Opini WTP sejak tahun 2015 hingga 2021. Apalagi, Rahman menilai dalam dua tahun terakhir dimana masa pandemi berlaku, roda pemerintahan tetap harus berjalan dan laporan keuangan tetap harus dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

"Jangan berpuas diri, karena kedepan tantangan akan jauh lebih besar. Marilah kita terus membangun, terus maju dalam meningkatkan kekuatan APBN dan APBD," singkatnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Cirebon menyerahkan penghargaan kepada KPPN Cirebon atas sinergitas dalam percepatan penyaluran dana DAK fisik, DAK non fisik dan Dana Desa. Penghargaan berupa piagam dan plakat yang diserahkan oleh Bupati Cirebon kepada Kepala KPPN Cirebon, Lili Hamiliyah.