Pemkab Polman Salurkan Logistik untuk Warga Terdampak Banjir di Enam Kecamatan

Polewali Mandar - Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar melalui Dinas Sosial bersama Bulog Cabang Polewali menyerahkan bantuan logistik, berupa beras cadangan pemerintah, mie instan, telur, terpal, selimut, peralatan mandi dan lainnya, bagi korban bencana banjir di Kantor Camat Tinambung.

Penyaluran bantuan dihadiri langsung Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar.

Selama masa tanggap darurat bencana banjir di Kabupaten Polewali Mandar, sebanyak 1.446 jiwa menerima bantuan logistik bagi warga terdampak bencana yang tersebar di Kecamatan Alu, Limboro, Tinambung, Luyo, Mapilli dan Tutar.

Kepala Dinas Sosial Azwar Jasin mengatakan, hasil asesmen Tagana, terdapat enam kecamatan, yaitu Tinambung, Alu, Limboro, Luyo, Mapilli, dan Tutar yang terdampak bencana banjir dengan total warga korban banjir sebanyak 1.446 jiwa. Dari jumlah tersebut, mendapat bantuan logistik dengan kategori kerusakan ringan, sedang dan berat.

“Kita mendampingi bapak bupati turun ke lapangan menyalurkan bantuan logistik kepada warga terdampak banjir minggu lalu di wilayah Kabupaten Polewali Mandar. Hasil asesmen Tagana terdapat enam kecamatan, Tinambung, Alu, Limboro, Luyo, Mapilli, dan Tutar dengan total terdampak 1.446 jiwa. Ini semua karena kita Polewali Mandar masuk tanggap darurat dengan bencana banjir yang  menimbulkan dampak korban jiwa dan materi yang tidak sedikit, dan turun memberikan beras 64 ton ini dengan hitungan 0,4 kg perjiwa perhari, peruntukan 1.446 jiwa selama 14 hari masa tanggap darurat," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Minggu (27/11).

Lanjutnya, pemerintah telah berkoordinasi dengan Baznas yang menyalurkan 500 dos mie instan dan bantuan dari Kemensos sebanyak 500 rak telur, terpal, selimut, pakaian bayi, perlengkapan mandi, family kids, untuk warga terdampak bencana banjir dengan kategori mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat yang berjumlah 73 KK di tiga kecamatan.

Sedangkan, Junaedi Pimpinan Cabang Perum Bulog Cabang Polewali menyebutkan, dari 100 ton Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Pihaknya menyalurkan 64 ton CBP sesuai data yang terdampak bencana.

“Kami sangat apresiasi gerakan cepat Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar. Keluarnya surat tanggap darurat, kami langsung menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah berdasarkan permintaan pak Bupati yang jumlahnya 64 ton sesuai data terdampak yang terdata di Dinas Sosial,” ujarnya.

Selanjutnya, wilayah lain yang masih dalam pendataan, akan tersentuh bantuan serupa, yang diharapkan bantuan dapat meringankan beban warga selama masa tanggap darurat.