Kota Dumai Raih Penghargaan Smart City dari Kominfo

Jakarta - Kota Dumai, Provinsi Riau meraih penghargaan bersama 50 kabupaten atau kota yang mengikuti program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022.

Penghargaan yang diserahkan Menteri Kominfo Johnny G Plate diterima langsung oleh Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Indra Gunawan, saat menghadiri Pameran dan Seminar Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) 2022, di Ballroom Puri Agung lantai 2 Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (1/12).

“Alhamdulilah, hari ini, kita bersama 50 kabupaten/kota lainnya menerima penghargaan dari Kemenkominfo terkait Smart City. Terima kasih kepada semua kepala OPD dan pihak terkait lainnya yang mendukung diraihnya penghargaan ini. Semoga dengan penghargaan ini menjadikan Kota Dumai terus berkhidmat menuju Kota Idaman,” kata Indra.

Menurutnya, penghargaan yang diraih sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dengan tujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam ekosistem smart city.

"Kami berharap, pertemuan dan penghargaan ini dapat memotivasi dan membangkitkan akselerasi Kota atau Kabupaten yang cerdas dan berujung kepada pelayanan masyarakat yang lebih baik lagi dan dilakukan secara optimal," imbuhnya.

Turut mendampingi Sekdakot Dumai pada penerimaan penghargaan itu Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan) Khairil Adli, dan utusan Bappedalitbang Kota Dumai Muhammad Rasyid.

Dijelaskan Adli, gerakan menuju Smart City merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan.

"Gerakan tersebut bertujuan membimbing Kabupaten atau Kota dalam menyusun masterplan Smart City, agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah," ungkapnya.

Untuk Kota Dumai sendiri telah menghasilkan 6 tema besar atau quick win smart city dari tiga kali pelaksanaan bimtek, yaitu Si-Lawo (Smart Governance), Kampung Kuliner (Smart Branding), Si-Naker (Smart Economy), Sakti Q-RIS (Smart Living), Pengolahan Air Bersih dari Air Gambut (Smart Society), dan Khidmat Kebersihan (Smart Environment).