Lantik Kabag Hukum dan Kerjasama, Plt Bupati Bogor Minta Bekerja Aktif dan Inovatif

Cibinong - Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengambil sumpah jabatan dan melantik Pejabat Administrator (struktural eselon III) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor tahun 2022, dalam hal ini Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, atas nama Yogi Nugraha Setiawan yang berlangsung di ruang rapat 1 Setda Kabupaten Bogor, Senin (5/12).

Dalam kesempatan ini, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan meminta kepada Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama untuk mampu melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, dan mampu menangani berbagai permasalahan hukum di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor dengan baik termasuk mencegah timbulnya persoalan hukum pada pemerintah daerah.

“Selamat bertugas, laksanakan tugas dengan tanggung jawab, serta optimal dalam merumuskan, mengoordinasikan kebijakan daerah, melakukan pemantauan dan evaluasi di bidang perundang-undangan, bantuan hukum, dokumentasi informasi serta  fasilitasi kerjasama baik dalam dan luar negeri,” terang Plt Bupati Bogor Iwan.

Lanjut Iwan Setiawan mengingatkan, untuk senantiasa menjalin sinergi dan koordinasi yang baik dengan stakeholders terutama jajaran aparat penegak hukum agar tercipta kondusivitas, tertib hukum  dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Menurutnya, selain itu perlu juga optimalisasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) untuk meningkatkan penyebarluasan dan pemahaman pengetahuan hukum dan memudahkan pencarian/penelusuran peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum baik untuk aparatur maupun masyarakat luas.

Terlebih ditengah kondisi yang cepat berubah dan terus bergejolak, menjadikan dinamika, tantangan, kebutuhan masyarakat semakin kompleks. Disamping itu, kita juga perlu menyikapi beragam isu terkini, terkait lingkungan, pangan, kesehatan, transisi energi dan transformasi digital.

“Untuk itu, bagian hukum dan kerjasama harus lebih aktif, lincah, dan inovatif dalam mendorong dan memfasilitasi kolaborasi/kerjasama yang efektif dan produktif dengan multi pihak agar mampu merespon cepat dan menjawab berbagai masalah dan kebutuhan masyarakat. Di era sekarang ini, kolaborasi menjadi kunci untuk meraih solusi dan menghadapi tantangan di masa depan,” tandasnya.