Tingkatkan Kapasitas Petugas Poned, Pemkab Polman Kaji Banding ke Puskesmas Bangetayu Semarang

Polewali Mandar - Wakil Bupati Polewali Mandar M. Natsir Rahmat, didampingi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Andi Emy Purnama Natsir,  dan sekitar 20 dokter beserta rombongan lainnya, mengunjungi Puskesmas Bangetayu Semarang terkait kaji banding dalam peningkatan kapasitas petugas pelayanan obstetri neonatal emergensi dasar (Poned) sebagai upaya menekan angka kematian ibu dan bayi.

Wakil Bupati Polewali Mandar M. Natsir Rahmat mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan di salah satu puskesmas terbaik di Semarang, yaitu Puskesmas Bangetayu. Kunjungan tersebut bertujuan melakukan kaji banding atau studi referensi, yaitu dengan mengamati, mengkaji dan menganalisa segala hal yang berkaitan dengan peningkatan SDM serta pelayanan kesehatan kepada masyarakat, agar dapat diterapkan di Kabupaten Polewali Mandar.

“Kami berharap ke depan, mudah-mudahan Polewali Mandar lebih maju dan lebih baik.Mudah-mudahan sampai di Polewali, kita bisa laporkan ke Bupati Polewali Mandar bahwa ini harapan-harapan kita. Dan dokter yang hadir juga sekitar 20 orang yang akan memberikan juga harapan-harapan ke Bupati agar dapat ditindaklanjuti untuk masa yang akan datang,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, dr. Nurlina selaku Dokter Puskesmas Pekkabata mengatakan, kunjugan tersebut sangat bermanfaat dalam membantu penangananan berbagai masalah yang ada di Puskemas nantinya.

“Kami sangat bersyukur mengunjungi puskesmas ini. Hal ini sangat membantu terhadap masalah-masalah yang kita dapati di Puskemas terkait dengan Poned. Kekurangan kita saat ini setelah kita dapat materi, yaitu mengenai alat, sarana dan prasarana kemudian SDM. Dan di sini juga kita mendapatkan ilmu bagaimana trik menangani pasien dengan adanya data, seperti emergensi 1, 2 sampai 4. Semoga di pertemuan ini sangat bermanfaat dan bisa kita terapkan di Puskemas yang ada di Kabupaten Polewali Mandar,” jelasnya.

Selanjutnya dr. Ahnaf, Kepala Puskesmas Bangetayu Semarang, ucapkan terimakasih kepada Tim dari Kabupaten Polewali Mandar atas kunjungannya dan mengajak kepada seluruh Puskesmas di Kabupaten Polewali Mandar untuk mengupayakan pencegahan kematian ibu melahirkan di Kabupaten Polewali Mandar.

“Kami mengajak semua Puskesmas di Kabupaten Polewali Mandar dan Dinas, untuk bersama-sama mengupayakan tidak ada lagi ibu yang melahirkan sampai meninggal. Itu harapan kami bersama, walaupun masih terdapat kekurangan dan keterbatasan akan tetapi marilah kita bersama-sama untuk bisa mencapai apa yang kita impikan bersama,” imbuhnya.