Hari Nusantara 2022, Wali Kota Pariaman Terima Penghargaan Presiden

Kota Pariaman - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar dan tiga kepala daerah lainnya di Indonesia menerima penghargaa Satyalancana Wira Karya bidang pengelolaan, pengembangan dan pembangunan kelautan dari Presiden Joko Widodo.

Tanda penghargaan yang disematkan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dilakukan pada peringatan puncak Hari Nusantara Tahun 2022 di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Selasa (13/12).

Bahlil, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara maritim dan Hari Nusantara merupakan hari penting dimana pada 13 desember ini ditandatangani Deklarasi Djuanda.

“Deklarasi ini menjadikan laut Indonesia lebih luas dari 3 mil menjadi 12 mil laut sehingga potensi kelautan kita semakin luas,” ujarnya.

Peringatan yang mengangkat tema “Penguatan Ekonomi Maritim melalui Kolaborasi Investasi Berkelanjutan untuk Infonesia Bangkit Lebih Kuat” ini lebih jauh dijelaskan Bahlil bahwa ekonomi maritim merupakan ekonomi biru yang berkelanjutan bagi anak cucu.

“Oleh sebab itu kita harus menyiapkan SDM generasi muda dan terus menjaga potensi maritim Indonesia,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar, usai penyematan tanda penghargaan Satyalancana mengatakan bahwa Pariaman melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja) bidang kelautan dan perikanan dan berhasil mengoptimalkan kawasan pesisir perkotaan melalui program pengembangan kawasan ekowisata bahari berkelanjutan dan waterfront city sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat dan kesadaran pada lingkungan.

“Kedua program unggulan ini telah mengantarkan Kota Pariaman menerima penghargaan ini. Berkat kerja keras dan kerjasama pemerintah dan masyarakat Kota Pariaman Presiden RI melalui pemerintah pusat telah mengakui Sagasaja dan Waterfront City mampu menghasilkan SDM dibidang perikanan dan kelautan, pelestarian lingkunngan serta  meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Pariaman,” sambungnya.

Oleh sebab itu, lanjut Genius, sesuai dengan tema peringatan Hari Nusantara ini, Kota Pariaman telah menyiapkan ekonomi biru yang berkwlanjutan di Kota Pariaman.

“Kita telah memanfaatkan potensi maritim dan lingkungan di Kota Pariaman tanpa meruaak lingkungan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” tutupnya.