Pemkab Bogor Gelar Upacara HBN ke-74 Serentak

Cibinong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar upacara peringatan Hari Bela Negara (HBN) ke-74 tahun 2022. Upacara dipimpin Dandim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara di halaman Sekretariat Daerah, Cibinong, Senin (19/12).

Upacara diikuti Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin beserta seluruh jajaran Pemkab Bogor.

Upacara Hari Bela Negara ke-74 serentak dilaksanakan seluruh perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor. HBN ke-74 tahun 2022 mengangkat tema, “Bangkit Bela Negeriku, Jaya Indonesiaku”. Seluruh peserta upacara mendengarkan pidato Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, untuk mengaktualisasikan nilai dasar bela negara.

Membacakan sambutan Presiden Joko Widodo, Dandim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara menyebutkan, bela negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Bela negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan kemampuan awal bela negara,” ujar Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara.

Ia menuturkan, pada peringatan Hari Bela Negara ke-74 tahun ini, dirinya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing, untuk ikut serta dalam bela negara.

“Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai,” pungkasnya.