Raker TP PKK, Bupati Eka Putra Minta Beri Terobosan dan Inovasi

Batusangkar - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tanah Datar menggelar Rapat Kerja (Raker) guna mengevaluasi program kerja masing-masing Kelompok Kerja (Pokja), mengingat TP PKK sebagai organisasi sosial dan mitra Pemerintah Daerah dibidang pemberdayaan berperan penting dalam mensejahterakan masyarakat dan mencegah stunting.

Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang terstruktur dari pusat hingga lapisan terendah di daerah, Bupati Tanah Datar Eka Putra meminta TP PKK punya terobosan dan inovasi dalam memberikan pelayanan seperti mengedukasi masyarakat terkait 10 Program Pokok PKK.

“Saya selaku bupati Tanah Datar sangat bersyukur dengan berbagai program dan kegiatan TP PKK, sangat membantu program pemerintah seperti dalam pengentasan kemiskinan, penurunan angka stunting, keagamaan, pendidikan, kesehatan dan banyak lagi, dari itu saya minta TP PKK punya terobosan dan inovasi sehingga tidak monoton, seperti itu-itu saja,” ujar Bupati Eka Putra ketika menghadiri sekaligus memberikan arahan dalam rapat kerja TP PKK di Aston Jambi Hotel dan Convention Center, Minggu (18/12) malam.

Bupati Eka Putra juga unggkapkan rasa kebanggaannya dan sampaikan ucapan terima kasih pada TP PKK yang telah menjadi juara umum Tingkat Provinsi Sumatera Barat pada jambore kader berprestasi tahun 2022, tidak hanya mengharumkan nama daerah namun juga berdampak pada UMKM Sulaman Kapalo Samek Tanah Datar yang dijadikan baju kembaran TP PKK se-Provinsi Sumatera Barat.

“Untuk tahun 2023 mendatang saya minta TP PKK matangkan segala perencanaan, pojka I, II, III dan IV lahirkan terobosan kalau di pemerintah itu inovasi. Pertahankan apa yang telah dicapai, yang masih kurang mari perbaiki dan selalu jaga kekompakan serta bangun sinergi yang baik sehingga setiap pokja itu menjadi juara,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Tanah Datar Lise Eka Putra menyampaikan ucapan terima kasih pada pemerintah daerah yang terus memberikan dukungan sehingga TP PKK dapat berbuat untuk masyarakat walau dengan segala keterbatasan namun sudah mampu berbuat dan telah mengharumkan nama daerah menjadi juara umum di Provinsi Sumatera Barat.

“Apa yang kita lakukan selama ini jika tidak sungguh-sungguh tentu tidak akan berbuah manis juga. Saya tahu bagaimana pengurus beserta kader di semua tingkatan bekerja keras, ikhlas sehingga menjadi tuntas, namun itu belum finis karena akan semakin banyak lagi tantangan yang akan dihadapi kedepan,” ucapnya.

Dikatakan Lise Eka Putra, apa yang dilakukan TP PKK selama ini terus dievaluasi, karena apapun yang dilakukan tentu ada juga celahnya yang harus terus diperbaiki sehingga menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Dari raker tersebut, Lise Eka Putra juga menghimpun semua program kerja dari masing-masing pokja karena harus jelas, yang menjadi prioritas, target, capaian target dan juga konsep dasawisma yang harus jelas.

Untuk Sekretariat TP PKK, Lise minta lebih diperkuat pembinaannya ke bawah karena ini masih perlu peningkatan dari tahun sebelumnya, kepada masing-masing Pokja, Lise minta harus sudah punya target dan bersinergi dengan berbagai elemen seperti OPD dan Bundo Kanduang yang saat ini juga sdh turun ke sekolah-sekolah.

“Saat ini Bundo Kanduang turun ke sekolah-sekolah melakukan pembinaan terhadap generasi penerus seperti Sumbang Duo Baleh dan itu juga bisa disinergikan dengan TP PKK, begitu juga peran dasawisma yang luar biasa. Jadi semangat itu harus hidup dalam hati dan samubari pengurus serta kader disemua tingkatan," tambahnya.

Sebelumnya, Sekretaris TP PKK Tanah Datar Rosnidel menyampaikan disetiap nagari sudah terbentuk kelompok dasawisma dan sudah terbagi habis dari itu bagaimana upaya mengoptimalkannya dalam pembinaan kedepannya.

Rosnidel juga berharap pada masing-masing pokja dan pengurus agar semua laporan harus sudah masuk per Desember ini, termasuk laporan dari setiap tingkatan kepengurusan.