Pemkab Bogor Raih Apresiasi Jawara Ekonomi Digital Jabar

Bandung - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor meraih Apresiasi Jawara Ekonomi Digital Jawa Barat (AJEG JABAR) tahun 2022, dalam kegiatan West Java Annual Meeting (WJAM) di Intercontinental Hotel Dago Pakar, Kota Bandung, Senin (19/12).

Kabupaten Bogor meraih terbaik ke-5 pada kategori Digitalisasi Ekonomi Daerah Kabupaten Terbaik. Penghargaan AJEG JABAR tahun 2022 diberikan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor Arif Rahman.

AJEG Jabar diberikan kepada kabupaten, kota, dan perbankan yang dinilai berhasil melakukan implementasi pemanfaatan teknologi digital, serta mendorong perluasan ekosistem ekonomi digital di masyarakat. Peraih apresiasi dinilai berdasarkan beberapa kriteria umum yang relevan dan dibagi menjadi tiga kategori yakni Pemda terbaik dalam digitalisasi ekonomi daerah, kemudian Pemda dengan perkembangan implementasi digitalisasi terbaik, dan Bank pendukung digitalisasi daerah.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan, semua yang duduk di sini adalah para pengambil keputusan di ekosistem ekonomi. Jadi silaturahmi ini harus dijaga, karena ini kumpulan orang-orang pintar semua. Maka saya arahkan ke walikota dan bupati untuk membuat acara serupa undang mereka untuk menjelaskan ke tim di kota/kabupaten masing-masing.

“Kemudian kepada bupati dan walikota silahkan cari layanan apalagi yang belum digital, poinnya adalah, saat ini seluruh unsur pelayanan publik itu ada unsur digitalnya,” ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menambahkan, kemarin di Kabupaten Bogor, kami meluncurkan Jabar Super Apps. Intinya urusan pelayanan publik jangan 5, 10, atau 20 aplikasi, tapi cukup satu aplikasi.

“Maka saya butuh komitmen para kepala daerah untuk mengintegrasikan semuanya, karena sangat banyak aplikasi. Jadi sekarang cukup satu, warga Jawa Barat cukup punya satu aplikasi,” tandasnya.